eprintid: 31899 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/03/18/99 datestamp: 2018-12-07 02:16:23 lastmod: 2018-12-07 02:16:23 status_changed: 2018-12-07 02:16:23 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: RAMDHAN SUBHAN TAUFIK, NIM. 11720004 title: GAME ONLINE DALAM PERSPEKTIF PERTUKARAN SOSIAL DI WARNET ORANGE.NET MADUREJO PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: sosio divisions: jur_sos full_text_status: restricted keywords: game online, pertukaran sosial, warnet Orange.Net. note: Ahmad Zainal Arifin, S.Sos, M.A, Ph. d., abstract: Pertukaran sosial merupakan merupakan suatu tindakan yang terjadi pada setiap orang dalam melakukan ‘barter’ untuk kepentingannya baik berupa material maupun non material. Pertukaran sosial dapat ditemukan di mana saja bahkan dalam dunia game online. Kajian dalam penelitian ini adalah para pemain game online yang berada di warnet Orange.Net. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui perspektif pertukaran sosial pemain game online di warnet Orange.Net Madurejo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah menggunakan perspektif pertukaran sosial George Homans berupa proposisi-proposisi serta tiga asumsi khusus pertukaran sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Jumlah informan yang ada pada penelitian ini berjumlah tujuh (7) informan. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Lokasi penelitian berada di alamat jalan Prambanan, Piyungan Km.5 Madurejo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Sumber data berasal dari pemain yang telah bermain game online di atas 5 jam/hari. Teknik pengumpulan data berupa interview guide dan wawancara tidak struktur. Dokumentasi berupa foto dan observasi yang dilakukan merupakan observasi partisipatif (participant observation) dimana peneliti melakukan hal (bermain game online) dengan para informan. Adapun analisis data penelitian ini adalah mereduksi data penelitian tentang pertukaran sosial game online lalu digolongkan sesuai dengan tema penelitian dan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan tiga (3) fenomena yang terjadi di warnet Orange.Net. Pertama, pertukaran pemain dengan game yaitu hal-hal berhubungan dengan pengalaman game yang dimainkan, intensitas waktu yang digunakan untuk bermain serta fenomena konsep ekonomi (jual-beli) dari game online. Kedua, pertukaran sosial antar sesama pemain yang ditandai dengan adanya berbagi informasi game dari setiap informan, meminjam uang dari teman atau meminjam ID akun game serta melakukan party (main bersama). Ketiga, pemain dengan pihak yang ada di warnet Orange.Net (operator dan pemilik) berupa kenyamanan tempat bermain (PC biasa dan PC VIP), kenyaman mengakses WiFi dan interaksi jual-beli di warung ‘Gerobak Orange’ oleh para pemain warnet Orange.Net serta bertukar informasi tentang saran peluang usaha terhadap pemilik warnet. date: 2018-05-16 date_type: published pages: 81 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKA department: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUMANIORA thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: RAMDHAN SUBHAN TAUFIK, NIM. 11720004 (2018) GAME ONLINE DALAM PERSPEKTIF PERTUKARAN SOSIAL DI WARNET ORANGE.NET MADUREJO PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31899/1/11720004_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31899/2/11720004_BAB-II_sampai_SEBELUM%20BAB%20V.pdf