%A NIM. 14410097 HANIF MUHAMMAD KAMIL %O Dr. H. Tasman, MA. %T NILAI-NILAI PENDIDIKAN KONTRA RADIKALISME DALAM KITAB I’TIQĀD AL-BUKHĀRĪ %X Hanif Muhammad Kamil. Nilai-nilai Pendidikan Kontra Radikalisme dalam Kitab I’tiqād Al-Bukhārī. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2018. Latar belakang dari penelitian ini adalah maraknya aksi terorisme yang terjadi di Indonesia disebabkan oleh masyarakat yang tidak dapat menerima perubahan sosial dengan baik sehingga terjadi banyak kesenjangan dalam lingkungan kehidupan. Aksi terorisme yang memunculkan segala bentuk tindakan radikal sangat membahayakan umat manusia. Banyak masyarakat terjerumus tindakan radikalisme karena jauh dari pemahaman agama yang benar. Maka dibutuhkan pemahaman agama yang benar melalui proses pendidikan untuk dapat menangkal segala bentuk radikalisme yang muncul di masyarakat. Imam al- Bukhari seorang ulama Ahlussunnah di dalam kitab I’tiqād al-Bukhārī memberikan acuan bagaimana seorang Muslim dapat beragama dengan benar agar tidak mengikuti langkah orang kafir dalam melakukan aksi radikal, karena Islam merupakan agama yang penuh kedamaian. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan kontra radikalisme dalam kitab I’tiqād al- Bukhārī dan relevansinya terhadap pendidikan Islam di Indonesia Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan (library research), dalam artian bahwa data-data dalam penelitian ini yang bersumber dari kajian pustaka, baik ensiklopedia, jurnal, dan sebagainya. Dalam menghimpun data, penulis mendapatkannya dari dua sumber, yaitu sumber primer dan sekunder. Penelitian ini bersifat deskriptif analitis, yaitu penelitian yang menggambarkan apa yang menjadi gagasan dalam kitab I’tiqād Al-Bukhārī karya Imam al-Bukhari tentang nilai-nilai kontra radikalisme. Sedangkan metode analisis dalam penelitian ini ialah analisis konten, yakni penelitian berupa pembahasan mendalam terhadap isi suatu informasi tertulis dengan memaparkannya. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa terdapat empat nilai kontra radikalisme dalam kitab tersebut, yaitu 1) Damai dengan masyarakat umum; 2) Damai dengan pemerintah; 3) Damai dengan sesama umat Islam; 4) dan Damai dengan penganut agama lain. Relevansi nilai-nilai kontra radikalisme terhadap pendidikan Islam di Indonesia terdapat pada lima bidang inti, yakni relevansi terhadap tujuan pendidikan Islam di Indonesia, relevansi terhadap kurikulum pendidikan Islam di Indonesia, relevansi terhadap pendidik dan peserta didik serta metode pendidikan Islam di Indonesia. %K Radikalisme, Relevansi, I’tiqād Al-Bukhārī, Pendidikan Islam di Indonesia %D 2018 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib31906