relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31921/ title: PENGARUH HASIL BELAJAR TPQ TERHADAP HASIL BELAJAR PAI DAN PERILAKU KEAGAMAAN SISWA KELAS IV DI SD NEGERI KARANGTALUN LOR DAN SD NEGERI 2 KARANGTALUN KIDUL KECAMATAN PURWOJATI KABUPATEN BANYUMAS creator: DIAH AYU FERI SELA, NIM. 1620420013 subject: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah description: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar TPQ terhadap hasil belajar PAI dan perilaku keagamaan siswa di SD Negeri Karangtalun Lor dan SD Negeri 2 Karangtalun Kidul Kecamatan Purwojati Kabupaten Banyumas. Pada penelitian ini terdapat satu variabel bebas yaitu Hasil Belajar TPQ (X) dan dua variabel terikat yaitu hasil belajar PAI (Y1) dan perilaku keagamaan siswa (Y2), penelitian ini dilaksanakan pada kelas IV SD Negeri Karangtalun Lor dan SD Negeri 2 Karangtalun Kidul. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, pengambilan sampel yang diambil seluruhnya (penelitian populasi), metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi, metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan menggunakan uji asumsi klasik, yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji linieritas. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier sederhana, dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Pertama, ada pengaruh hasil belajar TPQ terhadap hasil belajar PAI di SD Negeri Karangtalun Lor dan tidak ada pengaruh hasil belajar TPQ terhadap hasil belajar PAI pada SD Negeri 2 Karangtalun Kidul. Kedua, tidak ada pengaruh hasil belajar TPQ terhadap perilaku keagamaan siswa di SD Negeri Karangtalun Lor dan SD Negeri 2 Karangtalun Kidul. Ketiga, hasil belajar dan perilaku keagamaan di kedua SD itu sama artinya ada kesamaan antara keduanya namun nilai mean SD Negeri Karangtalun Lor lebih tinggi pada hasil belajar, sedangkan nilai mean SD Negeri 2 Karangtalun Kidul lebih tinggi pada perilaku keagamaan. Adapun faktor yang mempengaruhi hasil penelitian ini adalah adanya kontribusi hasil belajar TPQ terhadap hasil belajar PAI pada SD Negeri 2 Karangtalun Kidul sangat kecil. Dan peneliti mengalami kekeliruan yang seharusnya mengukur perilaku keagamaan dengan instrumen afektif, namun peneliti menggunakan hasil belajar TPQ yang merupakan instrumen kognitif sehingga tidak berpengaruh pada hasil penelitiannya. date: 2018-05-14 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31921/1/1620420013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31921/2/1620420013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: DIAH AYU FERI SELA, NIM. 1620420013 (2018) PENGARUH HASIL BELAJAR TPQ TERHADAP HASIL BELAJAR PAI DAN PERILAKU KEAGAMAAN SISWA KELAS IV DI SD NEGERI KARANGTALUN LOR DAN SD NEGERI 2 KARANGTALUN KIDUL KECAMATAN PURWOJATI KABUPATEN BANYUMAS. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.