%0 Thesis
%9 Masters
%A DIAH AYU FERI SELA, NIM. 1620420013
%B PASCASARJANA
%D 2018
%F digilib:31921
%I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
%K Hasil Belajar TPQ, Hasil Belajar PAI, Perilaku Keagamaan
%P 131
%T PENGARUH HASIL BELAJAR TPQ TERHADAP HASIL BELAJAR PAI  DAN PERILAKU KEAGAMAAN SISWA KELAS IV DI SD NEGERI  KARANGTALUN LOR DAN SD NEGERI 2 KARANGTALUN KIDUL  KECAMATAN PURWOJATI KABUPATEN BANYUMAS
%U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31921/
%X Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar TPQ  terhadap hasil belajar PAI dan perilaku keagamaan siswa di SD Negeri  Karangtalun Lor dan SD Negeri 2 Karangtalun Kidul Kecamatan Purwojati  Kabupaten Banyumas.  Pada penelitian ini terdapat satu variabel bebas yaitu Hasil Belajar TPQ  (X) dan dua variabel terikat yaitu hasil belajar PAI (Y1) dan perilaku keagamaan  siswa (Y2), penelitian ini dilaksanakan pada kelas IV SD Negeri Karangtalun Lor  dan SD Negeri 2 Karangtalun Kidul. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian  kuantitatif, pengambilan sampel yang diambil seluruhnya (penelitian populasi),  metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, kuesioner, dan  dokumentasi, metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan  menggunakan uji asumsi klasik, yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan  uji linieritas. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier sederhana, dan uji t.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Pertama, ada pengaruh hasil  belajar TPQ terhadap hasil belajar PAI di SD Negeri Karangtalun Lor dan tidak  ada pengaruh hasil belajar TPQ terhadap hasil belajar PAI pada SD Negeri 2  Karangtalun Kidul. Kedua, tidak ada pengaruh hasil belajar TPQ terhadap  perilaku keagamaan siswa di SD Negeri Karangtalun Lor dan SD Negeri 2  Karangtalun Kidul. Ketiga, hasil belajar dan perilaku keagamaan di kedua SD itu  sama artinya ada kesamaan antara keduanya namun nilai mean SD Negeri  Karangtalun Lor lebih tinggi pada hasil belajar, sedangkan nilai mean SD Negeri  2 Karangtalun Kidul lebih tinggi pada perilaku keagamaan. Adapun faktor yang  mempengaruhi hasil penelitian ini adalah adanya kontribusi hasil belajar TPQ  terhadap hasil belajar PAI pada SD Negeri 2 Karangtalun Kidul sangat kecil. Dan  peneliti mengalami kekeliruan yang seharusnya mengukur perilaku keagamaan  dengan instrumen afektif, namun peneliti menggunakan hasil belajar TPQ yang  merupakan instrumen kognitif sehingga tidak berpengaruh pada hasil  penelitiannya.
%Z Dr. Hj. Sri Sumarni, M. Pd,