<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENAFSIRAN KATA AULIYA’ DALAM SURAH AL-MAIDAH AYAT 51 (STUDI KOMPARATIF PENAFSIRAN QURAISH SHIHAB \r\nDAN BACHTIAR NASIR PERSPEKTIF SOSIOLOGI PENGETAHUAN)"^^ . "Penelitian ini mencoba untuk mengelaborasi tafsir mengenai auliya’ dalam surah Al-Maidah ayat 51. \r\nAyat tersebut, selama setahun lebih belakang ini marak menjadi perbincangan masyarakat Indonesia. \r\nHal tersebut disebabkan kunjungan serta pidato Ahok di depan warga Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, \r\n27 September 2016. Akibat kunjungan Ahok yang menyitir surah Al-Maidah ayat 51, publik bergejolak, \r\nia terindikasi melakukan penistaan terhadap agama (Islam). Tidak hanya berhenti di situ, masyarakat \r\nbergejolak, muncul respons beragam, yang kesemuanya terbagi secara diametral menjadi pihak pro dan \r\nkontra. Di titik inilah alasan akademis peneliti untuk mendedah surah Al-Maidah ayat 51 yang \r\nmemiliki kaitan erat dengan realitas sosial yang terjadi.\r\nUntuk menelaah permasalahan di atas, peneliti menggunakan teori sosiologi pengetahuan Mannheim. \r\nTeori ini menyatakan bahwa tindakan manusia dibentuk dari dua dimensi yaitu perilaku (behaviour) \r\ndan makna (meaning). Sehingga, dalam memahami suatu tindakan sosial seorang harus mengkaji perilaku \r\neksternal dan makna perilaku. Mannheim mengklasifikasikan dan membedakan makna perilaku dari suatu \r\ntindakan sosial menjadi tiga macam makna yaitu: 1) Makna Obyektif, adalah makna yang ditentukan \r\noleh konteks sosial dimana tindakan itu berlangsung, 2) Makna ekspresif, adalah makna yang \r\nditunjukkan oleh aktor (pelaku tindakan), dan 3) Makna dokumenter, yaitu makna yang tersirat atau \r\ntersembunyi, sehingga aktor (pelaku tindakan) tersebut, tidak sepenuhnya menyadari bahwa suatu \r\naspek yang diekspresikan menunjukkan\r\nkepada kebudayaan secara keseluruhan. Peneliti juga menggunakan metode hermeneutika objektif dalam \r\nmembaca hasil tafsir dua mufassir tersebut. Hermeneutika ini dipersonifikasikan sebagai “klasik” \r\nyang dikembangkan oleh Schleiermacher, Dilthey, dan Betti, dengan memperhatikan aspek linguistik \r\ndan psikologis pengarang.\r\nAdapun hasil penelitian ini didapat aspek objektif penafsiran Quraish Shihab sesuai dengan isi \r\nTafsir Al-Misbah, bahwa fenomena sosial tentang al-\r\nMaidah ayat 51, dan secara praktis, fenomena tersebut, tidak begitu menarik perhatiannya. Secara \r\nekspresif, Quraish Shihab meresponnya dengan nilai-nilai luhur kemanusian: mengukuhkan kerukunan \r\numat, nasionalisme, dan menjaga keutuhan NKRI. Makna dokumenter berbentuk cara pandang \r\nQuraish Shihab terhadap agama (Islam) yang dipengaruhi oleh aspek psikologis dan kebudayaan yang \r\nteridentifikasi seperti rerata sikap ormas Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah. Aspek \r\nobjektif penafsiran Bachtiar Nasir memahaminya dengan bentuk ironi sosial dalam keberagamaan. Makna \r\nekspresif berbentuk pengambilan posisi dalam mengatasi fenomena sosial terkait ayat, menggunakan \r\nGNPF-MUI. Makna dokumenter, Bachtiar Nasir bercorak reaksioner, ini relevan dengan kelompok \r\nFPI yang berada di belakangnya. Quraish Shihab menafsirkan auliya’ bermakna dekat yang berasosiasi \r\npendukung, pembela, pelindung, yang mencintai dan lebih utama. Berbeda dengan Shihab, Bachtiar \r\nNasir menafsirkan auliya’ dalam tafsirnya sebagai pemimpin semata."^^ . "2018-03-26" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "Pascasarjana, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 1520510066"^^ . "RAMLI"^^ . "NIM. 1520510066 RAMLI"^^ . . . . . . "PENAFSIRAN KATA AULIYA’ DALAM SURAH AL-MAIDAH AYAT 51 (STUDI KOMPARATIF PENAFSIRAN QURAISH SHIHAB \r\nDAN BACHTIAR NASIR PERSPEKTIF SOSIOLOGI PENGETAHUAN) (Text)"^^ . . . . . "1520510066_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENAFSIRAN KATA AULIYA’ DALAM SURAH AL-MAIDAH AYAT 51 (STUDI KOMPARATIF PENAFSIRAN QURAISH SHIHAB \r\nDAN BACHTIAR NASIR PERSPEKTIF SOSIOLOGI PENGETAHUAN) (Text)"^^ . . . . . "PENAFSIRAN KATA AULIYA’ DALAM SURAH AL-MAIDAH AYAT 51 (STUDI KOMPARATIF PENAFSIRAN QURAISH SHIHAB \r\nDAN BACHTIAR NASIR PERSPEKTIF SOSIOLOGI PENGETAHUAN) (Other)"^^ . . . . . . "PENAFSIRAN KATA AULIYA’ DALAM SURAH AL-MAIDAH AYAT 51 (STUDI KOMPARATIF PENAFSIRAN QURAISH SHIHAB \r\nDAN BACHTIAR NASIR PERSPEKTIF SOSIOLOGI PENGETAHUAN) (Other)"^^ . . . . . . "PENAFSIRAN KATA AULIYA’ DALAM SURAH AL-MAIDAH AYAT 51 (STUDI KOMPARATIF PENAFSIRAN QURAISH SHIHAB \r\nDAN BACHTIAR NASIR PERSPEKTIF SOSIOLOGI PENGETAHUAN) (Other)"^^ . . . . . . "PENAFSIRAN KATA AULIYA’ DALAM SURAH AL-MAIDAH AYAT 51 (STUDI KOMPARATIF PENAFSIRAN QURAISH SHIHAB \r\nDAN BACHTIAR NASIR PERSPEKTIF SOSIOLOGI PENGETAHUAN) (Other)"^^ . . . . . . "PENAFSIRAN KATA AULIYA’ DALAM SURAH AL-MAIDAH AYAT 51 (STUDI KOMPARATIF PENAFSIRAN QURAISH SHIHAB \r\nDAN BACHTIAR NASIR PERSPEKTIF SOSIOLOGI PENGETAHUAN) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENAFSIRAN KATA AULIYA’ DALAM SURAH AL-MAIDAH AYAT 51 (STUDI KOMPARATIF PENAFSIRAN QURAISH SHIHAB \r\nDAN BACHTIAR NASIR PERSPEKTIF SOSIOLOGI PENGETAHUAN) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENAFSIRAN KATA AULIYA’ DALAM SURAH AL-MAIDAH AYAT 51 (STUDI KOMPARATIF PENAFSIRAN QURAISH SHIHAB \r\nDAN BACHTIAR NASIR PERSPEKTIF SOSIOLOGI PENGETAHUAN) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENAFSIRAN KATA AULIYA’ DALAM SURAH AL-MAIDAH AYAT 51 (STUDI KOMPARATIF PENAFSIRAN QURAISH SHIHAB \r\nDAN BACHTIAR NASIR PERSPEKTIF SOSIOLOGI PENGETAHUAN) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #31972 \n\nPENAFSIRAN KATA AULIYA’ DALAM SURAH AL-MAIDAH AYAT 51 (STUDI KOMPARATIF PENAFSIRAN QURAISH SHIHAB \nDAN BACHTIAR NASIR PERSPEKTIF SOSIOLOGI PENGETAHUAN)\n\n" . "text/html" . . . "Agama Dan Filsafat" . .