TY - THES N1 - Dr. Hamdan daulay, M.Si., M.A ID - digilib31997 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31997/ A1 - UNGGUL PRADANA KUSUMA, NIM : 1620310033 Y1 - 2018/05/04/ N2 - Penelitian ini berangkat dari fenomena sekolah yang berorientasi pada nilai akademis dengan berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hal ini dapat memberatkan siswa yang tidak semua mampu memenuhinya. Akhirnya sebagian besar siswa masih mengikuti les di luar jam belajar, latihan soal-soal dan mengerjakan tugas sekolah setiap hari, mengikuti ekstrakurikuler untuk menambah nilai dan sebagainya. Berbagai beban tersebut dapat membebani siswa karena siswa harus belajar keras untuk memenuhi berbagai tuntutan tersebut. Adakalanya hak-hak anak tidak terpenuhi seperti istirahat siang, bermain dan bersosialisasi, dan sebagainya. Selain sistem dalam sekolah, permasalahan lainnya adalah mengenai kekerasan yang dialami anak, dimana kekerasan masih terjadi di dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) seperti apakah pengarusutamaan pembelajaran yang diciptakan dan diterapkan di SMP N 4 Depok Sleman untuk mewujudkan Sekolah Ramah Anak, dan (2) apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam upaya mewujudkan Sekolah Ramah Anak di SMP N 4 Depok Sleman. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan mengambil lokasi di SMP N 4 Depok Sleman. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan analisis kualitatif model Miles dan Hubermen, yaitu analisis model interaktif dengan langkah-langkah: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Kesimpulan penelitian ini adalah : (1) Sekolah ramah anak adalah sebuah program yang betul-betul sangat berguna dan dibutuhkan oleh anak. Agar tujuan dari sekolah ramah anak dapat terealisasi maka perlu diperhatikan aspek penyelenggaraannya. Pertama, program sekolah yang sesuai yang mendukung tercapaiannya tujuan dari sekolah ramah anak. Kedua, adalah sarana dan prasarana yang memadai. Sarana dan prasarana sekolah aman tidak menimbulkan bahaya baik perorangan maupun kelompok, bebas dari asap rokok, kantin sehat dan lain sebagainya. Dan ketiga adalah dalam usaha mewujudkan sekolah ramah anak perlu didukung oleh berbagai pihak antara lain keluarga dan masyarakat yang sebenarnya merupakan pusat pendidikan terdekat anak, dan partisipasi orang tua hendaknya diperhatikan oleh pihak sekolah agar dapat terwujud dan terpelihara keberadaannya, (2) Berdasarkan faktor pendukung yang mempengaruhi program sekolah ramah anak di SMP N 4 Depok Sleman yaitu yaitu keluarga, sekolah., dan masyarakat. Dan beberapa faktor penghambat dalam mengimplementasikan Program Sekolah Ramah Anak di SMP N 4 Depok Sleman yaitu lokasi sekolah yang berdekatan dengan jalan raya yang penuh dengan ruko-ruko yang sering menyebabkan kemacetan jalan disekitar sekolah, sarana dan prasarana yang dirasakan masih kurang dalam memenuhi kebutuhan anak, dana dalam mengimplementasikan program sekolah ramah anak, dan pada siswanya sendiri. PB - UIN Sunan Kalijaga KW - SEKOLAH RAMAH ANAK KW - (CHILD FRIENDLY) KW - PENGARUSUTAMAAN M1 - masters TI - SEKOLAH RAMAH ANAK (CHILD FRIENDLY) (STUDI ANALISIS PENGARUSUTAMAAN PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 4 DEPOK SLEMAN DIY) AV - restricted EP - 154 ER -