TY - THES N1 - Pembimbing : Warsono, M.Si ID - digilib3205 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3205/ A1 - NIKMAH SHOLIHAH NIM. 04461119, Y1 - 2009/08/12/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya kesulitan belajar yang dialami oleh siswa untuk memahami konsep fisika pada pokok bahasan gerak dan gaya, untuk mengetahui bentuk-bentuk kesulitan yang dialami siswa tersebut, untuk mengetahuiada atau tidaknya perbedaan penguasaan konsep fisika pada pokok bahasan gerak dan gaya sebelum dan sesudah diadakan pembelajaran Model FIKIR, mengetahui keberhasilan penerapan keberhasilan pembelajaran dengan Model FIKIR dalam upaya pembelajaran remidiasi fisika pada pokok bahasan gerak dan gaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan desain Subyek Tunggal, Desain ini menggunakan lambang A-B-A. A adalah lambang dari data garis dasar (baseline data), sedang B untuk data perlakuan (Treatment Data). Dalam garis dasar yang diberi lambang A belum ada perlakuan, tetapi karena ada pengamatan seringkali ada perubahan pengamatan kegiatan. Kegiatan terus diamati sampai berada dalam keadaan stabil. Dengan demikian hasil perlakuan dapat diketahui lebih akurat, karena dapat membandingkan dalam keadaan sebelum diberi perlakuan. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif diskriptif dengan menghitung presentase dalam setiap aspek yang dinilai dan mengkonversikan kedalam kriteria kualitatif yang diacu diteruskan dengan teknik uji t sama subyek. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah, test dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, ada 19 siswa dari 44 siswa kelas X A di Madrasah Muââ?¬â?¢alimat Muhammadiyah Yogyakarta yang mengalami kesulitan belajar. Kesulitan belajar yang dialami oleh siswa dengan bentuk-bentuk, seperti: Siswa mengalami kesulitan dalam memahami suatu kalimat atau istilah saat belajar gerak dan gaya (72,72%), Siswa mengalami kesulitan yang berhubungan dengan perhitungan angka atau penggunaan rumus matematika dalam mengerjakan soal gerak dan gaya (67,04%), Siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep-konsep gerak dan gaya, (68,18%). Siswa dalam melakukan praktikum merasa kesulitan dalam menggunakan alat-alat tentang gerak dan gaya, (61,36 %). Dalam penelitian ini didapat thitung =-7,15 dari perhitungan uji t sama subyek antara skor remidiasi I dengan remidiasi II. thitung lebih kecil dari ttabel=t(95%)(43)=2,02, sehingga thitung masuk daerah antara yaitu -ttabel= 2,02 thitung = âË?â??7,15 ttabel = 2,02 maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan penguasaan konsep fisika pada pokok bahasan gerak dan gaya sebelum dan sesudah menggunakan model FIKIR. Keberhasilan Model FIKIR ini ditunjukkan dengan angket tanggapan siswa sebesar 65,34% yang artinya pembelajaran Model FIKIR baik untuk pembelajaran remidiasi. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Remidiasi KW - Fisika KW - Mekanika KW - Model Fikir M1 - skripsi TI - REMIDIASI PEMBELAJARAN FISIKA POKOK BAHASAN MEKANIKA DENGAN MODEL FIKIR PADA SISWA KELAS X MADRASAH MUALLIMAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2008/2009 AV - restricted ER -