@phdthesis{digilib32050, month = {March}, title = {UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI MELALUI PENGGUNAAN MODEL CUPs (Conceptual Understanding Procedures) DISERTAI MEDIA REALIA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMP N 14 YOGYAKARTA}, school = {UIN Sunan Kalijaga}, author = {NIM. 11680003 Enggal Rizki Warsaningtyas}, year = {2018}, note = {Dr. Widodo}, keywords = {model CUPs (Conceptual Understanding Procedures), media Realia, minat, hasil belajar.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32050/}, abstract = {Penelitian ini merupakan Penelitin Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran IPA Biologi melalui penerapan model pembelajaran CUPs (Conteptual Understanding Procedures ) dilengkapi media Realia. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi foto. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskripsi kualitatif dan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terjadi peningkatan minat belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang: a) antusian siswa memperhatikan guru dari 26\% menjadi 52,9\% , b) aktif mengemukakan pendapat dari 11,7\% menjadi 38, 23\% , c) mengajukan pertanyaan dari 14,7\% menjadi 55, 88\% , d) aktif melakukan percobaan dari 0\% menjadi 82\% , e) aktif mencari bahan dari berbagai sumber dari 11,7\% menjadi 41, 17\%. (2) terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan indikator peningkatan selisih rerata nilai posttest 1, 48 . Kata kunci: model CUPs (Conceptual Understanding Procedures), media Realia, minat, hasil belajar.} }