eprintid: 32050
rev_number: 11
eprint_status: archive
userid: 6
dir: disk0/00/03/20/50
datestamp: 2018-12-17 02:55:31
lastmod: 2018-12-17 03:09:20
status_changed: 2018-12-17 02:55:31
type: thesis
metadata_visibility: show
creators_name: Enggal Rizki Warsaningtyas, NIM. 11680003
title: UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI MELALUI PENGGUNAAN MODEL CUPs (Conceptual Understanding Procedures) DISERTAI MEDIA REALIA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMP N 14 YOGYAKARTA
ispublished: pub
subjects: pen_bio
divisions: jur_pebio
full_text_status: restricted
keywords: model CUPs (Conceptual Understanding Procedures), media Realia, minat, hasil belajar.
note: Dr. Widodo
abstract: Penelitian ini merupakan Penelitin Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran IPA Biologi melalui penerapan model pembelajaran CUPs (Conteptual Understanding Procedures ) dilengkapi media Realia. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi foto. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskripsi kualitatif dan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terjadi peningkatan minat belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang: a) antusian siswa memperhatikan guru dari 26% menjadi 52,9% , b) aktif mengemukakan pendapat dari 11,7% menjadi 38, 23% , c) mengajukan pertanyaan dari 14,7% menjadi 55, 88% , d) aktif melakukan percobaan dari 0% menjadi 82% , e) aktif mencari bahan dari berbagai sumber dari 11,7% menjadi 41, 17%. (2) terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan indikator peningkatan selisih rerata nilai posttest 1, 48 .
Kata kunci: model CUPs (Conceptual Understanding Procedures), media Realia, minat, hasil belajar.
date: 2018-03-12
date_type: published
institution: UIN Sunan Kalijaga
department: Fakultas Sains dan Teknologi
thesis_type: skripsi
thesis_name: other
citation:   Enggal Rizki Warsaningtyas, NIM. 11680003  (2018) UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI MELALUI PENGGUNAAN MODEL CUPs (Conceptual Understanding Procedures) DISERTAI MEDIA REALIA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMP N 14 YOGYAKARTA.  Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.   
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32050/1/11680003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32050/2/11680003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf