TY  - THES
N1  - Sulistyawati, S.Pd.I., M.Si.
ID  - digilib32052
UR  - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32052/
A1  - Ulfa Fajrin Septiani, NIM. 11680006
Y1  - 2018/05/21/
N2  - Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan worksheet
IPA terpadu berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL)
materi sistem pencernaan manusia dan zat aditif dalam makanan
serta mengetahui kualitas produk worksheet IPA terpadu yang
dihasilkan sehingga layak digunakan sebagai media penunjang
pembelajaran. Penelitian ini terdiri dari beberapa tahap yaitu
perancangan bangun produk, uji coba terbatas dan uji praktikum.
Perancangan bangun produk worksheet IPA terpadu yang
dikembangkan menggunakan software corel draw x5 dan
microsoft word 2010 melalui tahap entri data ke dalam software
pengembang, penyusunan layout serta pemberian aktifitas pada
worksheet IPA terpadu. Hasil dari penelitian pendahuluan
tersebut kemudian diujicobakan dan dilakukan kegiatan uji
praktikum kepada siswa kelas VIII. Kegiatan praktikum yang
dilakukan terdiri dari uji karbohidrat : uji iodium dan uji benedict.
Uji protein yaitu dengan uji biuret. Uji lemak dengan
menggunakan kertas. Uji vitamin C dengan uji iodium. Uji
pewarna alami dan buatan dengan larutan basa (detergen). Uji
boraks dengan papper test-kit. Data yang diperoleh adalah data
ordinal yang dianalisis untuk mengetahui persentase keidealan
produk. Hasil penilaian secara keseluruhan terhadap worksheet
IPA terpadu menunjukkan persentase penilaian sebesar 85,31%
yang termasuk dalam kualitas sangat baik, sedangkan respon
siswa mendapatkan persentase penilaian sebesar 82,4% dengan
kualitas sangat baik.
Kata Kunci: Worksheet, CTL, Sistem Pencernaan Manusia dan
Zat Aditif dalam Makanan, Media Pembelajaran
PB  - UIN Sunan Kalijaga
KW  - Worksheet
KW  -  CTL
KW  -  Sistem Pencernaan Manusia dan
Zat Aditif dalam Makanan
KW  -  Media Pembelajaran
M1  - skripsi
TI  - WORKSHEET IPA TERPADU BERBASIS
CONTEXTUAL TEACHING AND
LEARNING (CTL) MATERI SISTEM
PENCERNAAN MANUSIA DAN ZAT
ADITIF DALAM MAKANAN
AV  - restricted
ER  -