eprintid: 32057 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/03/20/57 datestamp: 2018-12-17 04:35:22 lastmod: 2018-12-17 04:35:22 status_changed: 2018-12-17 04:35:22 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Annisa Afiyati, NIM. 11680044 title: PENINGKATAN KUALITAS PENGAJARAN GURU DAN PARTISIPASI BELAJAR BIOLOGI SISWA MELALUI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI MA AL-JAUHAR SEMIN GUNUNG KIDUL ispublished: pub subjects: pen_bio divisions: jur_pebio full_text_status: restricted keywords: Profesionalisme pengajaran, Partisipasi Belajar, CTL. note: Dr. Widodo, S.Pd., M.Pd. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme pengajaran guru dan partisipasi belajar biologi siswa di MA Al-Jauhar Semin Gunung Kidul dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dilakukan pada siswa kelas XI B yang berjumlah 25 orang. Tindakan penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus. Pembelajaran pada siklus 1 menggunakan pendekatan CTL yang menekankan pada konsep. Tindakan siklus 2 menggunakan CTL disertai praktikum sederhana. Tindakan siklus 3 menggunakan CTL berbasis jelajah alam sekitar (JAS). Data penelitian diperoleh dari lembar observasi profesionalisme pengajaran guru dan partisipasi belajar biologi siswa, hasil nilai ulangan harian, catatan lapangan, foto dan video. Data dianalisa secara kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan CTL terbukti dapat meningkatkan profesionalisme pengajaran guru dan partisipasi belajar biologi siswa. Rata-rata yang diperoleh untuk profesionalisme pengajaran guru pada siklus 1 sebesar 89%, siklus 2 sebesar 83%, siklus 3 sebesar 86%. Profesionalisme menurun pada siklus 2 dikarenakan terbatasnya waktu belajar sehingga guru tidak dapat melaksanakan evaluasi pembelajaran. Untuk partisipasi belajar siswa diperoleh rata-rata siklus 1 sebesar 67%, siklus 2 sebesar 75% dan siklus 3 sebesar 87%. Dan berdampak pada nilai ulangan harian dengan tingkat ketuntasan belajar sebesar 60%. Kata Kunci: Profesionalisme pengajaran, Partisipasi Belajar, CTL. date: 2018-03-05 date_type: published pages: 144 institution: UIN Sunan Kalijaga department: Fakultas Sains dan Teknologi thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Annisa Afiyati, NIM. 11680044 (2018) PENINGKATAN KUALITAS PENGAJARAN GURU DAN PARTISIPASI BELAJAR BIOLOGI SISWA MELALUI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI MA AL-JAUHAR SEMIN GUNUNG KIDUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32057/1/11680044_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32057/2/11680044_BAB%20II_BAB%20III_BAB%20IV.pdf