TY - THES N1 - Dian Noviar, S.Pd., M.Pd. ID - digilib32062 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32062/ A1 - Adika Fitri Ningsih, NIM. 13680004 Y1 - 2018/03/02/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) disertai alat peraga Mikroskop Smartphone terhadap hasil belajar IPA Biologi pada ranah pengetahuan dan keterampilan siswa kelas VIII di SMP N 4 Kalasan T.A 2017/2018. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi experiment dengan desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VIII SMP N 4 Kalasan. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang diambil dengan menggunakan purposive sampling dan random sampling, yaitu kelas VIII A (Kelas Eksperimen) dan kelas VIII B (Kelas Kontrol). Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Analisis data hasil belajar siswa ranah pengetahuan menggunakan Uji-t, sedangkan untuk hasil belajar ranah keterampilan menggunakan uji Mann Whitney U. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) model pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) disertai alat peraga Mikroskop Smartphone secara signifikan efektif meningkatkan hasil belajar IPA Biologi pada ranah pengetahuan siswa dengan ditunjukkan oleh p-value sebesar 0,00 < 0,05. (2) Model pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) disertai alat peraga Mikroskop Smartphone secara signifikan efektif meningkatkan hasil belajar IPA Biologi pada ranah keterampilan siswa dengan ditunjukkan oleh p-value sebesar 0,003 < 0,05. Kata Kunci: model poe, mikroskop smartphone, struktur dan fungsi jaringan tumbuhan, hasil belajar PB - UIN Sunan Kalijaga KW - model poe KW - mikroskop smartphone KW - struktur dan fungsi jaringan tumbuhan KW - hasil belajar M1 - skripsi TI - Efektivitas Model Pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) disertai Alat Peraga Mikroskop Smartphone Terhadap Hasil Belajar IPA Biologi Kelas VIII di SMPN 4 Kalasan Tahun Ajaran 2017/2018 AV - restricted EP - 210 ER -