%0 Thesis %9 Skripsi %A Anindya Zulfatin Nihayah, NIM. 13680009 %B Fakultas Sains dan Teknologi %D 2018 %F digilib:32065 %I UIN Sunan Kalijaga %K SIMAS ERIC (skimming, mind mapping, questioning, exploring, writing, and communicating), motivasi belajar, hasil belajar %P 155 %T EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN SKIMMING, MIND MAPPING, QUESTIONING, EXPLORING, WRITING, AND COMMUNICATING (SIMAS ERIC) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA SMAN 2 BANGUNTAPAN %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32065/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran SIMAS ERIC terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Variabel penelitian terdiri dari satu variabel bebas berupa model pembelajaran SIMAS ERIC dan dua variabel terikat berupa motivasi dan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA SMAN 2 Banguntapan. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling dengan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan meliputi instrumen pengumpulan data berupa lembar angket motivasi dan soal tes hasil belajar siswa (pretest-posttest), serta instrumen pembelajaran berupa silabus dan RPP. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik non parametrik berupa uji Mann Whitney U test untuk motivasi belajar dan analisis statistik parametrik berupa uji-t untuk hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran SIMAS ERIC lebih efektif terhadap peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar siswa daripada model pembelajaran konvensional, dengan perolehan nilai signifikansi kurang dari 0,05. Kata Kunci: SIMAS ERIC (skimming, mind mapping, questioning, exploring, writing, and communicating), motivasi belajar, hasil belajar %Z Dias Idha Pramesti, M.Si.