@phdthesis{digilib3208, month = {October}, title = {PEMBELAJARAN RANAH AFEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 9 YOGYAKARTA}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = { Adawiyati NIM. 05410184}, year = {2009}, note = {Pembimbing : Dr. Sumedi, M.Ag}, keywords = {Pembelajaran, Afektif, Pendidikan Agama Islam}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3208/}, abstract = {Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa indikator keberhasilan pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang baik adalah mencakup 3 ranah yaitu ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Namun kenyataannya, transformasi Pendidikan Agama Islam yang dilaksanakan masih berkaitan erat dengan ranah kognitif dan psikomotor saja, sehingga ranah afektif belum tercapai secara optimal. Hal tersebut juga terjadi di SMP Negeri 9 Yogyakarta. Permasalahan pada penelitian ini adalah mengapa pembelajaran ranah afektif Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 9 Yogyakarta belum tercapai secara optimal dan upaya apa yang dilakukan oleh guru agama agar pembelajaran ranah afektif Pebdidikan Agama Islam tercapai secara optomal. Penelitian ini bertujuan mengungkap sebab-sebab belum optimalnya pembelajaran ranah afektif Pendidikan Agama Islam dan mengetahui upaya apa yang dilakukan oleh guru agama untuk mengatasinya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di SMP Negeri 9 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan triangulasi yaitu dengan pengecekan derajat kepercayaan penemuan hasil penelitian beberapa tekhnik pengumpulan data dan engecekan derajat kepercayaan beberapa sumber data dengan metode yang sama. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pembelajaran ranah afektif Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 9 Yogyakarta belum bisa optimal disebabkan oleh kurangnya alokasi waktu, sarana pendukung, keterbatasan guru untuk mengontrol siswa selama 24 jam, cara mengajar yang kerang efektif dan berbagai macam latar bwlakang siswa. (2) Upaya yang dilakukan guru agama untuk mengoptimalkan Pembelajaran ranah afektif Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 9 Yogyakarta adalah dengan melaksanakan Religious Culture di lingkungan sekolah berupa: Membuat program kegiatan PAI di luar jam pelajaran, penggalangan dana, bekerja sama dengan orang tua/wali siswa, diklat untuk guru PAI dan sosialisasi kepada orang tua/wali siswa, siswa dan masyarakat } }