%0 Thesis %9 Masters %A RISMA NUR AMALINA, NIM. 1620011014 %B PASCASARJANA %D 2018 %F digilib:32085 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Regulasi Diri, Siswa, Penghafal al Quran. %P 188 %T REGULASI DIRI SISWA PENGHAFAL AL-QURAN DI SDIT LUQMAN AL HAKIM SLEMAN YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32085/ %X Latar belakang penelitian ini adalah seorang penghafal al-Quran harus mampu mengatur diri untuk mencapai tujuan yang diinginkan. SDIT Luqman Al Hakim Sleman merupakan sekolah yang mempunyai program unggulan tahfidz dengan target hafalan 10 juz dengan tahsin yang baik. Akan tetapi berdasarkan data yang diperoleh bahwa terdapat siswa yang berhasil mencapai target hafalan dan ada siswa yang belum berhasil mencapai target hafalan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui regulasi diri siswa penghafal al- Quran yang sudah melebihi target hafalan, yang sudah mencapai target hafalan dan yang belum mencapai target hafalan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi yang bertujuan untuk menjelaskan dan memahami perspektif individu terhadap sesuatu,. Jumlah subjek penelitian ini sebanyak lima subjek yang diambil menggunakan purpose sampling. Pengambilan data penelitian ini melalui wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data, penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Berdasarkan lima subjek penelitian di SDIT luqman Al Hakim Sleman mengenai regulasi diri siswa penghafal al-Quran yang terdiri dari tiga aspek, yaitu metakognisi, motivasi dan perilaku. Untuk menghasilkan regulasi diri yang baik, ketiga aspek tersebut harus saling bersinergi dan tidak dapat dipisahkan, karena ketiga aspek tersebut saling melengkapi satu sama lain 2) Problematika yang dialami siswa penghafal al- Quran di SDIT luqman Al Hakim Sleman saat meregulasi diri yaitu berasal dari dalam diri siswa dan dari luar diri siswa. problem yang berasal dari dalam diri siswa adalah rasa bosan, mood yang berubah, belum bisa membaca al-Quran, tidak percaya diri, tidak sabar, sulit membagi waktu, sulit berkonsentrasi, mudah putus asa dan kondisi fisik yang mudah lelah. Adapun problematika yang berasal dari luar diri siswa adalah gangguan teman, tidak ada dukungan dari orang tua, ayat-ayat al-Quran yang sering tertukar, padatnya kegiatan sekolah. 3) Faktorfaktor yang mendukung keberhasilan regulasi diri siswa penghafal al-Quran di SDIT Luqman Al Hakim Sleman secara garis besar dikelompokan kedalam tiga bagian yaitu pertama, faktor individu meliputi sifat-sifat yang dimiliki subjek yang dapat mendukung regulasi diri. Kedua, faktor perilaku meliputi penetapan tujuan jangka pendek dan jangka panjang dalam menghafal al Quran. ketiga, faktor lingungan yang sangat mendukung adalah lingkungan keluarga yaitu adanya motivasi dari orang tua %Z Dr. Hj. Casmini, S.Ag., M.Si.,