eprintid: 3211 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/32/11 datestamp: 2012-09-11 11:22:40 lastmod: 2012-09-11 11:25:02 status_changed: 2012-05-04 16:44:04 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: AHMAD RONY SURYO WIDAGDA NIM. 05410058, title: METODE PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR'AN (Studi Metode Pembelajaran Tahfidzul Qur'an Kelas III di SDIT Salsabila Jetis Bantul Yogyakarta) ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Metode Pembelajaran, Tahfidzul Qur'an note: Pembimbing : Drs. Mujahid, M.Ag. abstract: Latar belakang penelitian ini adalah bahwa dalam pendidikan secara operasional menjadi tugas dan kewajiban umat Islam untuk selalu menjaga dan memelihara al-Qur'an, salah satunya ialah dengan menghafalkannya. Namun keadaan di zaman modern sekarang ini, masih sedikit orang Islam yang mau menghafalkan al-Qur'an. Untuk menarik minat mereka ialah perlu adanya metode pembelajaran yang memudahkan dan sistematis. Oleh karena itu diperlukan metode pembelajaran Tahfidzul Qur'an yang sistematis untuk menunjang keberhasilan mereka dalam menghafal al-Qur'an. Ada beberapa metode yang digunakan untuk pembelajaran tahfidzul Qur'an di SDIT Salsabila Jetis Bantul. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah metode apa yang digunakan dalam pembelajaran Tahfidzul Qur'an di SDIT Salsabila Jetis Bantul Yogyakarta, bagaimana keberhasilan metode pembelajaran Tahfidzul Qur'an yang dicapai oleh siswa SDIT Salsabila Jetis Bantul Yogyakarta, serta faktor apa saja yang mendukung dan menghambat pelaksanaan metode pembelajaran Tahfidzul Qur'an di SDIT Salsabila Jetis Bantul Yogyakarta Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan secara kritis tentang metode pembelajaran tahfidzul Qur'an bagi siswa-siswi kelas III di SDIT Salsabila Jetis Bantul Yogyakarta, dan menggambarkan prestasi yang dicapai oleh siswa-siswi serta faktor apa saja yang dapat menjadi pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan metode pembelajaran tahfidzul Qur'an di SDIT Salsabila Jetis Bantul Yogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan penerapan metode pembelajaran tahfidzul Qur'an di SDIT Salsabila Jetis Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar SDIT Salsabila Jetis Bantul Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan (observasi), wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode yang digunakan di SDIT Salsabila Jetis Bantul Yogyakarta dalam tahfidzul Qur'an yaitu : (1) Metode Juz'i, yaitu cara menghafal secara berangsur-angsur atau sebagian demi sebagian dan menghubungkannya antar bagian yang satu dengan bagian lainnya dalam satu kesatuan materi yang dihafal. (2) Metode Takrir adalah suatu metode mengulang hafalan yang sudah diperdengarkan kepada instruktur (guru) yang fungsinya adalah untuk menjaga agar materi yang sudah dihafal tidak kelupaan. (3) Metode Setor dalam aktifitas menghafal al-Qur'an adalah memperdengarkan hafalan-hafalan baru kepada guru. Kegiatan setor ini wajib dilakukan oleh semua siswa yang menghafal al-Qur'an. Karena pada waktu setor inilah maka hafalan siswa disimak oleh guru sehingga dengan setor hafalan santri akan terus bertambah, di samping itu bacaan dan hafalan siswa juga dapat terpelihara kebenarannya. (4) Metode Tes Hafalan adalah usaha yang dilakukan oleh pihak SDIT Salsabila Jetis Bantul untuk menilai keadaan hafalan santri dengan penekanan pada materi ketepatan bacaan yang meliputi makhroj maupun tajwidnya. Sedangkan hasil yang dicapai tidak memenuhi target dan tujuan yang telah ditetapkan dalam kurikulum. Adapun faktor-faktor yang menjadi pendukung pelaksanaan metode pembelajaran tahfidzul Qur'an terdiri dari faktor usia santri, faktor kecerdasan, faktor tujuan dan minat, faktor lingkungan. Sedangkan faktor yang menghambat metode pembelajaran tahfidzul Qur'an di SDIT Salsabila Jetis Bantul Yogyakarta ialah terletak dalam diri siswa secara psikis yaitu malas-malasan, inginnya selalu bermain dan adanya tingkat kecerdasan yang kurang dari beberapa siswa. date: 2009-10-05 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Tarbiyah thesis_type: skripsi refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2009-10-05 11:32:44 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--ahmadronys-2931-1-ahmadro-n.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/59/digilib-uinsuka--ahmadronys-2931-1-ahmadro-n.pdf ; url download server lama : /download.php?id=3340 ; nama file lama : AHMAD RONY SURYO WIDAGDA 05410058 METODE PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QURAN.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1000568 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: AHMAD RONY SURYO WIDAGDA NIM. 05410058, (2009) METODE PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR'AN (Studi Metode Pembelajaran Tahfidzul Qur'an Kelas III di SDIT Salsabila Jetis Bantul Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3211/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3211/2/BAB%20II%2C%20III.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3211/3/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3211/4/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3211/5/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3211/6/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3211/7/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3211/8/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3211/9/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3211/10/small.jpg