<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "STUDI TASAWUF ABD AL-RAHMAN AL-SULAMĪ (W. 412 H/1021M)\r\n\r\n(PERSPEKTIF HISTORIS)"^^ . "ABSTRAK\r\n\r\nAbu Abd al-Rahman Al-Sulamī (w. 412 H) dikenal sebagai seorang ulama sufi besar. Dalam ranah \r\ntasawuf, ia merumuskan tasawuf sebagaimana dalam al-muqaddimah fi al- tasawwuf dan menulis biografi \r\npara ahali sufi dalam kitabnya Thabaqat al-Sufiyyah. Ulasan tasawuf dalam bentuk biografi para \r\nulama-ulama sufi memberikan gambaran tersendiri dalam proses perumusan konsep tasawuf. Di sisi \r\nlain, walaupun al-Sulamī dikenal sebagai seorang pemikir tasawuf yang berlian, di Indonesia, ia \r\nternyata kalah pamor dibandingkan dengan muridnya yang bernama al-Qusyairi. Padahal, al-Sulamī \r\nadalah gurunya al-Qusyairi yang sebetulnya memiliki otoritas keilmuan lebih dibandingkan dengan \r\nmuridnya. Fakta tersebut bisa disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah minimnya \r\ninformasi dan referensi tentang al-Sulamī.\r\n\r\nUntuk melihat hal tersebut, penulis langsung merujuk kepada kitab al-Sulamī. Penulis juga \r\nmelengkapinya dengan tanggapan dan tulisan para pemikir lain yang konsen membahas pemikiran \r\nal-Sulamī, di antaranya Ahmad Muhammad Athiyyah Muhammad, Frederick Colby, Jean-Jacques Thibon dan \r\nEtan Kohlberg. Dengan pembacaan yang intensif dan didukung oleh tulisan para pemikir lainnya, \r\npenulis dapat lebih mudah mengambil poin penting dari pemikiran tasawuf al-Sulamī. Untuk membaca \r\nal-Sulamī sebagai perumus dan sejarawan tasawuf, penulis menggunakan teori Fazlur Rahman yaitu \r\nmelakukan teoretisasi tasawuf melalui empat periode. Pertama, periode rintisan, yakni periode di \r\nmana tasawuf merupakan pengejawantahan dari suatu agama yakni Islam. Kedua, periode pertumbuhan, \r\nyakni tasawuf menjelma menjadi sikap keberagamaan kolektif dalam bentuk asketisme, Ketiga periode \r\npemapanan, yakni bagaimana tasawuf dirumuskan dan bahkan dijadikan sebagai suatu kerangka penalaran \r\nsehingga melahirkan karya-karya tasawuf dan bahkan aliran yang disebut dengan tasawuf falsafi. \r\nKeempat, organisasi tasawuf, yakni penjelmaan tasawuf menjadi gerakan-gerakan sosial politik dan \r\nkeagamaan yang dikenal dengan tariqah.\r\n\r\nPenulis menyimpulkan bahwa rumusan tasawuf dan tasawuf biografis yang diusung oleh al- Sulamī \r\nterinspirasi dari gurunya yakni Nasr al-din Ath-Thusi sebagai pijakan. Hal tersebut membuktikan \r\nbahwa al-Sulamī tetap menghormati guru-guru dan ulama sufi lainya dengan pemikirannya yang \r\nrealistis. Dalam kitab al-muqaddimah fi al-tasawwuf terlihat bahwa al- Sulamī mampu mengolah data \r\nyang ia ambil dari beberapa ulama sufi dengan menggunakan metode wawancara untuk menghasilkan \r\nsebuah pandangan tasawuf yang berlandaskan Al- Quran dan Sunnah Nabi Muhammad SAW. Ide tasawuf yang \r\nia tuangkan di dalam kitab Thabaqat al-Sufiyyah, al-muqaddimah fi al-tasawwuf merupakan suatu usaha \r\nmendokumentasikan pengalaman-pengalaman sufistik para sufi yang sangat berpengaruh bahkan dijadikan \r\nlandasan dalam praktek tasawuf di masjid-masjid, yang sebelumnya hanya menggunakan hadis dan \r\nAl-Quran. Di sisi lain, karya tasawuf al-Sulamī bukan hanya merupakan ringkasan yang bersifat \r\nakademik saja, tetapi merupakan sebuah respon dari keadaan tasawuf pada masanya. Satu hal yang \r\nmembedakan al-Sualmī dengan ulama sufi lainnya adalah kemampuannya untuk menjadikan Al-Quran dan \r\nSunnah sebagai salah satu pondasi tasawuf yang baik dan benar. Oleh karenanya dalam kitab-kitanya \r\nal-Sulamī ada tawaran konsep tasawuf yang bukan hanya bersifat divine namun juga sistematis dan \r\nresponsif terhadap realita yang ada."^^ . "2018-05-08" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "PASCASARJANA, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 1620510029"^^ . "MUH SOFIUDIN"^^ . "NIM. 1620510029 MUH SOFIUDIN"^^ . . . . . . "STUDI TASAWUF ABD AL-RAHMAN AL-SULAMĪ (W. 412 H/1021M)\r\n\r\n(PERSPEKTIF HISTORIS) (Text)"^^ . . . . . "1620510029_BAB I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "STUDI TASAWUF ABD AL-RAHMAN AL-SULAMĪ (W. 412 H/1021M)\r\n\r\n(PERSPEKTIF HISTORIS) (Text)"^^ . . . . . "STUDI TASAWUF ABD AL-RAHMAN AL-SULAMĪ (W. 412 H/1021M)\r\n\r\n(PERSPEKTIF HISTORIS) (Other)"^^ . . . . . . "STUDI TASAWUF ABD AL-RAHMAN AL-SULAMĪ (W. 412 H/1021M)\r\n\r\n(PERSPEKTIF HISTORIS) (Other)"^^ . . . . . . "STUDI TASAWUF ABD AL-RAHMAN AL-SULAMĪ (W. 412 H/1021M)\r\n\r\n(PERSPEKTIF HISTORIS) (Other)"^^ . . . . . . "STUDI TASAWUF ABD AL-RAHMAN AL-SULAMĪ (W. 412 H/1021M)\r\n\r\n(PERSPEKTIF HISTORIS) (Other)"^^ . . . . . . "STUDI TASAWUF ABD AL-RAHMAN AL-SULAMĪ (W. 412 H/1021M)\r\n\r\n(PERSPEKTIF HISTORIS) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "STUDI TASAWUF ABD AL-RAHMAN AL-SULAMĪ (W. 412 H/1021M)\r\n\r\n(PERSPEKTIF HISTORIS) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "STUDI TASAWUF ABD AL-RAHMAN AL-SULAMĪ (W. 412 H/1021M)\r\n\r\n(PERSPEKTIF HISTORIS) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "STUDI TASAWUF ABD AL-RAHMAN AL-SULAMĪ (W. 412 H/1021M)\r\n\r\n(PERSPEKTIF HISTORIS) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #32132 \n\nSTUDI TASAWUF ABD AL-RAHMAN AL-SULAMĪ (W. 412 H/1021M) \n \n(PERSPEKTIF HISTORIS)\n\n" . "text/html" . . . "Aqidah Filsafat"@en . .