@phdthesis{digilib3214, month = {October}, title = {UPAYA SMA MUHAMMADIYAH 4 YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA ALQUR'AN BAGI SISWA YANG BELUM MAMPU MEMBACA AL-QUR'AN}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = { ANIS HARYATI NIM : 05410108}, year = {2009}, note = {Pembimbing : Drs. Mujahid, M.Ag.}, keywords = {SMA Muhammadiyah 4, Kemampuan, Baca Al Qur'an}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3214/}, abstract = { ABSTRACT Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang upaya SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur'an Bagi Siswa yang Belum mampu Membaca Al-Qur'an, proses pelaksanaannya, faktor penghambatnya, serta bagaimana efektifitas dari upaya tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumnetasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif analitik, yaitu mendeskripsikan data yang berkaitan dengan konsep-konsep, selanjutnya data yang sudah dihimpun akan ditelah secara kritis melalui penelusuran sumber yang digunakan, kemudian data diproses dan dikelompokkan sesuai dengan sifat spesifikasinya masing-masing. Hasil penelitian menunjukkan: 1). Diantara upaya-upaya yang dilakukan SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta dalam meningkatkan kemampuan Baca Al-Qur'an Bagi Siswa yang Belum mampu membacaAl-Qur'an, yaitu dengan diadakannya kegiatan ekstra iqro', tadarusan 10 menit sebelum pembelajaran dimulai, dan pemantauan dari guru.2). Ada dua faktor penghambat yang berarti, yaitu faktor internal yang terdiri dari bakat, minat, dan motivasi siswa yang rendah, serta faktor eksternal yang berasal dari lingkungan keluarga dan masyarakat.3). Upaya yang dilakukan sekolah dapat memberikan kontribusi yang berarti terhadap pembelajaran mata pelajaran Al-Qur'an Hadist. } }