TY - THES N1 - Ibu Dr. Sekar Ayu Ariyani, M.Ag ID - digilib32141 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32141/ A1 - ELLY MAGHFIROH, NIM. 1520511006 Y1 - 2018/01/29/ N2 - Penelitian ini berjudul Kecerdasan Emosi Para Kh?tim?t Pada Khat Qur?an di Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta. Penelitia dilatarbelakangi oleh adanya sebuah tradisi khatm Al-Qur?an yang tumbuh berkembang pada sebuah fenomena sosial, di mana para kh?tim?t menunju perilaku dan respon yang berbeda-beda manakala menghadapi sebuah ko yang berkaitan dengan keadaan emosi dirinya sendiri serta lingkungan di mereka menjalin sebuah hubungan di dalamnya. Adapun tujuan dari penelitia adalah: pertama, untuk mendeskripsikan tradisi Khatm Al-Qur?an di Po Pesantren Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta. Kedua, memaparkan m Khatm Al-Qur?an bagi pelaku khataman. Ketiga, mengetahui motivasi para s dalam mengikuti Khatm Al-Qur?an. Keempat, menganalisis pola kecer emosional para kh?tim?t dalam pelaksanaan Khatm Al-Qur?an. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) de menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun sumber data adalah data pri yaitu hasil wawancara dengan informan dan observasi. Sedangkan data sek adalah buku, jurnal dan dokumen yang berkaitan. Pengumpulan data dipe melalui interview, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis menggunakan metode analisis kualitatif dan dilakukan melalui tiga tahap reduksi, display dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini yaitu: pertama, bahwa Khatm Al-Q merupakan kegiatan pembacaan beberapa ayat al-Qur?an diikuti oleh e kriteria kh?tim?t di antaranya kh?tim?t 30 juz bi al-?if?i (al-Qiyamah 1-40 juz bi al-?if?i (al-An?am 160-165), 30 juz bi an-na?ri (al-Hasyr 18-24) dan j bi al-?if?i (at-Takaatsur-al-Lahab). Sedangkan pelaksanaannya melalui tiga t diantaranya pra latihan, latihan dan Nadwah Khatm Al-Qur?an. Kedua, m yang muncul dari praktik khatmil qur?an di antaranya: makna penilaian diri s teliti, kendali diri, adaptibilitas, inisiatif, dorongan prestasi, optimisme, prod mengembangkan orang lain, kolaborasi dan kooperasi, kemampuan tim, kekuatan pengaruh. Ketiga, terdapat 10 motivasi yang mendasari para kh? mengikuti khataman di antaranya: semata-mata mengharapkan ridlo Allah S menjaga kelestarian al-Qur?an, wadah silaturrahim, mengikuti dawuh mendapatkan sanad dan ijazah, mendapatkan beasiswa belajar dan penghar mendapatkan barakah, harapan supaya rajin belajar al-qur?an, mencontoh motivator dari artis Korea dan membahagiakan orang tua. Keempat, kecerdasan emosi para kh?tim?t yang dianalisis berdasarkan teori Daniel Gol berupa 5 unsur kecerdasan emosi. Pola kecerdasan emosi para kh?tim?t ter diantaranya: memotivasi diri, pantang menyerah, sabar, optimis, m memenegemen diri, ketaatan, produktif, kemampuan mengatasi masalah, be positif, dan memiliki sifat kepemimpinan. PB - UIN SUNAN KALIJAGA KW - Kecerdasan KW - Emosi KW - Khatm Al-Qur?an. M1 - masters TI - KECERDASAN EMOSI PARA KH?TIM?T PADA KHATM AL-QUR?AN DI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA AV - restricted EP - 241 ER -