relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3215/ title: STRATEGI PEMBELAJARAN PAI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS V DI SDN UMBULHARJO CANGKRINGAN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008/2009 creator: ARI FATUN NUR KHASANAH NIM: 05470034, subject: Kependidikan Islam description: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis mengenai strategi pembelajaran PAI yang digunakan dan upaya guru dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas V di SDN Umbulharjo Cangkringan Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, yaitu penelitian yang mengungkapkan fakta yang ada di lapangan dengan observasi dan wawancara serta menggunakan data kepustakaan. Penelitian ini digolongkan ke dalam jenis penelitian kualitatif yaitu suatu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena dan peristiwa. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan metode deskriptif analitik dengan empat tahapan analisis data yaitu pengumpulan data, mengklasifikasikan data, menjelaskan data, dan menarik kesimpulan. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah/yang mewakili, guru PAI dan seluruh siswa kelas V yang berjumlah 29 siswa. Hasil penelitiannya adalah strategi pembelajaran yang digunakan guru PAI dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas V di SDN Umbulharjo Cangkringan Sleman Yogyakarta masih rendah. Hal ini terjadi karena beberapa faktor. Faktor internal yang mempengaruhi adalah kesadaran siswa yang menyebabkan rendahnya pemahaman siswa terhadap pelajaran PAI. Sedangkan faktor eksternal adalah adanya Ujian Nasional, penggunaan strategi pembelajaran yang monoton dan kurangnya dukungan dari keluarga. Pengembangan strategi pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas V yang dilakukan guru sudah bervariasi, namun pada pelaksanaannya masih terdapat beberapa kekurangan. Beberapa kekurangan tersebut yaitu: prosedur yang digunakan guru belum sesuai dengan prosedur strategi pembelajaran yang seharusnya dan guru masih selalu menggunakan metode ceramah setiap mengawali proses pembelajaran, sehingga hasil pembelajaran yang diperoleh siswa belum maksimal. Hal ini dapat dilihat dari hasil ulangan dan remedial siswa yang kurang memuaskan. Upaya pengembangan strategi pembelajaran yang dilakukan guru tidak terlepas dari beberapa faktor. Adapun faktor pendukungnya adalah adanya koordinasi yang baik antara kepala sekolah, guru kelas dan guru PAI, PAI untuk mengikuti pelatihan, training, lokakarya dan workshop pendidikan yang diadakan baik di sekolah maupun di luar sekolah; lokasi yang cukup tenang, jauh dari keramaian sehingga dapat membantu siswa belajar dengan tenang. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya partisipasi orang tua dalam memantau belajar siswa saat di rumah dan kurangnya fasilitas yang memadai seperti: buku pegangann siswa yang masih terbatas. date: 2009-10-06 type: Thesis type: PeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3215/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3215/2/BAB%20II%2C%20III.pdf identifier: ARI FATUN NUR KHASANAH NIM: 05470034, (2009) STRATEGI PEMBELAJARAN PAI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS V DI SDN UMBULHARJO CANGKRINGAN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.