eprintid: 3215 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/32/15 datestamp: 2012-09-17 15:22:09 lastmod: 2017-03-15 02:08:02 status_changed: 2012-05-04 16:44:04 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ARI FATUN NUR KHASANAH NIM: 05470034, title: STRATEGI PEMBELAJARAN PAI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS V DI SDN UMBULHARJO CANGKRINGAN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008/2009 ispublished: pub subjects: tykpi divisions: jur_kis full_text_status: restricted keywords: Strategi, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Minat Belajar, Siswa note: Pembimbing : Dr. H. Hamruni, M.Si abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis mengenai strategi pembelajaran PAI yang digunakan dan upaya guru dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas V di SDN Umbulharjo Cangkringan Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, yaitu penelitian yang mengungkapkan fakta yang ada di lapangan dengan observasi dan wawancara serta menggunakan data kepustakaan. Penelitian ini digolongkan ke dalam jenis penelitian kualitatif yaitu suatu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena dan peristiwa. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan metode deskriptif analitik dengan empat tahapan analisis data yaitu pengumpulan data, mengklasifikasikan data, menjelaskan data, dan menarik kesimpulan. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah/yang mewakili, guru PAI dan seluruh siswa kelas V yang berjumlah 29 siswa. Hasil penelitiannya adalah strategi pembelajaran yang digunakan guru PAI dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas V di SDN Umbulharjo Cangkringan Sleman Yogyakarta masih rendah. Hal ini terjadi karena beberapa faktor. Faktor internal yang mempengaruhi adalah kesadaran siswa yang menyebabkan rendahnya pemahaman siswa terhadap pelajaran PAI. Sedangkan faktor eksternal adalah adanya Ujian Nasional, penggunaan strategi pembelajaran yang monoton dan kurangnya dukungan dari keluarga. Pengembangan strategi pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas V yang dilakukan guru sudah bervariasi, namun pada pelaksanaannya masih terdapat beberapa kekurangan. Beberapa kekurangan tersebut yaitu: prosedur yang digunakan guru belum sesuai dengan prosedur strategi pembelajaran yang seharusnya dan guru masih selalu menggunakan metode ceramah setiap mengawali proses pembelajaran, sehingga hasil pembelajaran yang diperoleh siswa belum maksimal. Hal ini dapat dilihat dari hasil ulangan dan remedial siswa yang kurang memuaskan. Upaya pengembangan strategi pembelajaran yang dilakukan guru tidak terlepas dari beberapa faktor. Adapun faktor pendukungnya adalah adanya koordinasi yang baik antara kepala sekolah, guru kelas dan guru PAI, PAI untuk mengikuti pelatihan, training, lokakarya dan workshop pendidikan yang diadakan baik di sekolah maupun di luar sekolah; lokasi yang cukup tenang, jauh dari keramaian sehingga dapat membantu siswa belajar dengan tenang. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya partisipasi orang tua dalam memantau belajar siswa saat di rumah dan kurangnya fasilitas yang memadai seperti: buku pegangann siswa yang masih terbatas. date: 2009-10-06 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Tarbiyah thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2009-10-06 11:18:17 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--arifatunnu-2935-1-arifatu-a.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/59/digilib-uinsuka--arifatunnu-2935-1-arifatu-a.pdf ; url download server lama : /download.php?id=3346 ; nama file lama : ARI FATUN NUR KHASANAH 05470034 STRATEGI PEMBELAJARAN PAI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS V DI SDN UMBULHARJO CANGKRINGAN SLEMAN YOGYAKARTA.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 2043370 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: ARI FATUN NUR KHASANAH NIM: 05470034, (2009) STRATEGI PEMBELAJARAN PAI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS V DI SDN UMBULHARJO CANGKRINGAN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3215/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3215/2/BAB%20II%2C%20III.pdf