@phdthesis{digilib32153, month = {April}, title = {UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII DI MTs YAPPI JETIS}, school = {UIN Sunan Kalijaga}, author = {NIM. 12420059 Anwar Hindrawan Susanto}, year = {2018}, note = {Drs, Dudung Hamdun, M.Si.}, keywords = {Upaya Guru, Minat belajar}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32153/}, abstract = {Anwar Hindrawan Susanto, Upaya Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Arab Siswa kelas VIII di MTs YAPPI Jetis Kecamatan Saptosari Kabupaten Gunungkidul Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi, Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keadaan minat belajar bahasa Arab siswa, upaya yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan minat belajar bahasa Arab siswa dan faktor pendukung serta penghambat upaya guru dalam meningkatkan minat belajar bahasa Arab siswa kelas VIII MTs YAPPI Jetis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Pengumpulan data yang dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriprif analitik Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) siswa kelas VIII MTs YAPPI Jetis mempunyai minat belajar bahasa Arab dalam kategori rendah sehingga tujuan pembelajaran dan prestasi siswa belum tercapai dengan maksimal. (2) upaya guru dalam meningkatkan minat belajar bahasa Arab diantaranya; menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, menjelaskan tujuan pembelajaran, memberikan kesempatan siswa untuk bertanya, menyemangati siswa agar rajin belajar, dan menciptakan suasana yang menyenangkan. Namun upaya guru belum dapat dilakukan dengan maksimal. Hal ini dikarenakan alat penunjang pembelajaran yang dimiliki oleh sekolah masih sangat minim. (3) faktor pendukung upaya guru dalam meningkatkan minat belajar bahasa Arab diantaranya, faktor internal; kondisi jasmani siswa, sikap siswa dalam mengikuti pelajaran, dan minat dari siswa itu sendiri, faktor eksternal; guru yang mampu membangkitan semangat siswa dalam belajar, dan lingkungan sekolah yang kondusif, dan faktor pendekatan belajar; metode pembelajaran yang bervariasi. Sedangkan faktor penghambat upaya guru dalam meningkatkan minat belajar bahasa Arab diantaranya, faktor internal; keaktifan siswa, faktor eksternal; lingkungan keluarga, dan faktor pendekatan belajar; media pembelajaran. Kata kunci : Upaya Guru, Minat belajar} }