%0 Thesis %9 Skripsi %A Nurohmah, NIM. 12420112 %B Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan %D 2018 %F digilib:32154 %I UIN Sunan Kalijaga %K Program English Arabic Morning. %P 178 %T PROGRAM ENGLISH ARABIC MORNING (EAM) DI MADRASAH TSANAWIYAH WAHID HASYIM YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32154/ %X “Batas bahasaku adalah batas duniaku”, dari pernyataan tersebut kita dapat mengetahui bahwa dengan menguasai banyak bahasa maka akan memudahkan kita untuk mempelajari ilmu di manapun kita berada sehingga kita akan memiliki wawasan yang sangat luas. Akan tetapi, pada prakteknya proses belajar di kelas saja dirasa kurang cukup untuk mengembangkan kemampuan berbahasa siswa khususnya bahasa Arab. Dalam hal ini, keberadaan program English Arabic Morning di MTs Wahid Hasyim diharapkan bisa menjadi solusi dalam menanggulangi masalah tersebut. Berpijak pada pemaparan di atas penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program English Arabic Morning, peranannya dalam menunjang kemampuan berbahasa Arab siswa, serta faktor pendukung dan penghambat dilaksanakannya program tersebut. Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian sampel dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, pengampu EAM, LDT (Language Development Team), dan siswa-siswi kelas VII dan VIII MTs Wahid Hasyim Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan program English Arabic Morning sudah cukup baik karena dapat menumbuhkan kecintaan para siswa dalam belajar bahasa Arab. Adapun peranannya dalam menunjang kemampuan berbahasa Arab siswa antara lain: menambah perbendaharaan kosa kata bahasa Arab, memotivasi belajar bahasa Arab siswa, dan melatih empat kemahiran berbahasa Arab siswa, yaitu maharah istima‘, maharah kalam, maharah qira ′ah, dan maharah kitabah.. Kata Kunci: Program English Arabic Morning. %Z Nurhadi, MA.