@phdthesis{digilib32164, month = {May}, title = {PENDEKATAN KOMUNIKATIF DALAM PENGAJARAN TAMR{\^I}N LUGHOH KELAS VII C MTs IBNUL QOYYIM PUTRI YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018}, school = {UIN Sunan Kalijaga}, author = {NIM: 14420016 Aulia Lina Nashihah}, year = {2018}, note = {Dr. Muhajir, S.Pd.I, M.SI.}, keywords = {Pendekatan Komunikatif, Pengajaran, Tamr{\^i}n Lughoh.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32164/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengajaran Tamr{\^i}n Lughoh dengan pendekatan komunikatif di kelas VII C MTs Ibnul Qoyyim Putri. Untuk mengetahui apa saja kendala yang ditemukan pada pengajaran Tamr{\^i}n Lughoh dengan pendekatan komunikatif, dan untuk mengetahui usaha apa saja yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi kendala yang dialami selama pembelajaran Tamr{\^i}n Lughoh berlangsung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan objek penelitian adalah kelas VII C MTs Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta. Dalam rangka pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik yang pertama kali peneliti gunakan adalah wawancara terlebih dahulu, dilanjutkan dengan observasi dan dokumentasi. Wawancara dalam penelitian ini penulis lakukan kepada pihak madrasah yaitu kepala madrasah tsanawiyah dan guru mata dirasah Tamr{\^i}n Lughoh. Lalu observasi di lapangan, kemudian pada kesempatan selanjutnya diperkuat oleh wawancara kepada peserta didik sebanyak 3 (tiga) siswa. Analisis datanya adalah analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pengajaran Tamr{\^i}n Lughoh di kelas VII C MTs Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta, dari segi tujuan pembelajaran, metode dan bahan ajar yang digunakan, materi yang diajarkan, dan evaluasi yang diterapkan telah sesuai dengan pengajaran bahasa komunikatif, Baik itu prinsip-prinsip maupun karakteristik dalam pengajaran bahasa dengan pendekatan komunkatif. Adapun kendala yang dihadapi oleh guru yang pertama adalah minimnya media pembelajaran yang mendukung seperti LCD proyektor. Kedua karena lingkungan, ketiga bergantung pada individu peserta didik. Lalu usaha yang dilakukan adalah menjalin kerjasama pada pihak madrasah untuk melihat kebutuhan infrastruktur madrasah, mengarahkan peserta didik untuk mengatur waktu belajar mereka dengan baik, dan memberikan motivasi akan pentingnya belajar bahasa asing bagi masa depan mereka. Kata Kunci: Pendekatan Komunikatif, Pengajaran, Tamr{\^i}n Lughoh.} }