@phdthesis{digilib32166, month = {April}, title = {PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB DI KELAS X MAN 1 SLEMAN TAHUN AJARAN 2017/2018 (Studi Eksperimen)}, school = {UIN Sunan Kalijaga}, author = {NIM. 14420021 Imroatul Khasanah}, year = {2018}, note = {Nurhadi, MA}, keywords = {Strategi pembelajaran, Think Talk write , Two Stay Two Stray, hasil belajar bahasa Arab}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32166/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi pembelajaran think talk Write, Two Stay Two Stray, dan Hasil belajar peserta didik; dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan strategi pembelajaran Think Talk Write dan Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar bahasa Arab di MAN 1 Sleman. Dengan demikian penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi peneliti bagi pengelola pendidikan sebagai bahan masukan evaluasi pembelajaran bahasa Arab, khususnya di kelas X Mipa 1 dan X mipa 3 MAN 1 Sleman untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif sedangkan jenis penelitiannya Eksperimental Research yang datanya bersifat perbandingan. Analisis datanya menggunakan uji T dengan persyaratan analisis Uji Normalitas menggunakan Kolmogrof-Smirnov dan homogenitas. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh strategi pembelajaran Think Talk Write dan Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar; dan lebih pengaruh strategi pembelajaran ThinkTalk Write atau Two Stay Two Stray. Hasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa besarnya nilai rata-rata siswa X Mipa 1 sebelum diberi perlakuan strategi TSTS sebesar 54, sedangkan nilai rata-rata siswa X Mipa 3 sebelum diberi perlakuan strategi TTW sebesar 60. Masing-masing kelas diberi perlakuan sebanyak 3 kali. Nilai rata-rata siswa kelas X Mipa 3 yang diberi perlakuan TTW sebesar 72, sedangkan nilai rata-rata kelas X Mipa 1 yang diberi perlakuan TSTS sebesar 63,6. Dari hasil analisis uji T diperoleh nilai probabilitas sebesar 0,032. Artinya, strategi pembelajaran TTW dan TSTS berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Arab siswa. Dan dari hasil N-Gain nya kelas Mipa 3 sebesar 13 sedangkan kelas Mipa 1 sebesar 10. Bahwasannya, kelas yang diberi perakuan strategi pembelajaran TTW nilai rata-ratanya lebih besar daripada kelas yang diberi perlakuan TSTS namun tidak berbeda signifikan. Artinya, strategi pembelajaran TTW tidak lebih berpengaruh dibandingkan strategi pembelajaran TSTS. Keyword: Strategi pembelajaran, Think Talk write , Two Stay Two Stray, hasil belajar bahasa Arab} }