relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3218/ title: EFEKTIFITAS PENGGUNAAN METODE RESITASI DAN KERJA KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI IPS 1 dan 2 DI SMA KOLOMBO, SLEMAN, YOGYAKARTA creator: ASAD HAFIDZ M NIM. 0541 0010, description: ABSTRACT Latar belakang masalah penelitian ini adalah pengajaran merupakan suatu sistem. Hal ini berarti bahwa pengajaran dipandang sebagai suatu kerja sama secara simultan antara berbagai unsur atau komponen pengajaran. Komponen pengajaran yang dimaksud adalah tujuan yang akan dicapai, bahan pelajaran yang akan diajarkan, siswa yang akan belajar, guru yang mengajar, perencanaan pengajaran sebagai suatu segmen kurikulum, strategi pembelajaran, metode yang digunakan, media pengajaran, serta penilaian atau evaluasi. Dari beragam metode pembelajaran alternatif yang penulis pilih adalah metode resitasi dan kerja kelompok. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Efektifitas penggunaan metode resitasi dan kerja kelompok dalam meningkatkan prestasi belajar siswa bidang studi Pendidikan Agama Islam kelas XI IPS 1 dan 2 di SMA Kolombo Sleman Yogyakarta. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Kolombo, Sleman, Yogyakarta, semester Ganjil tahun pelajaran 2008/2009 sebanyak 40 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (random sampling), Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mengambil latar belakang SMA Kolombo Sleman Yogyakarta. Penggunaan metode resitasi dan kerja kelompok harus disesuaikan dengan materi pelajaran Pendidikan Agama Islam. Dalam hal ini tugas pendidikan sangat diutamakan, diharapkan dengan pendidikan hal-hal yang baik dapat disampaikan pada generasi berikutnya. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan penelitian teknik test, interview (wawancara), observasi dan angket. Analisa data dilakukan dengan mebuat tabel kerja atau tabel perhitungan, mencari standar deviasi, t untuk pengujian hipotesis dan memberikan interpretasi terhadap t dilakukan dengan mengadakan analisa data induktif dan deduktif. Hasil analisis kuantitatif menyimpulkan bahwa proses pelaksanaan pembelajaran telah berjalan dengan baik, terbukti dalam proses belajar-mengajar menggunakan metode dan media yang tepat artinya di dalam kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam itu tujuan yang telah diterapkan dapat tercapai. Hasil yang di peroleh dalam meningkatkan prestasi belajar siswa disini sangat diutamakan, adapun faktor pendukung dalam keberhasilan adalah adanya kerja sama yang baik antara para Guru-guru dan anak-anak didik di SMA Kolombo Sleman Yogyakarta. date: 2009-10-06 type: Thesis type: PeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3218/1/BAB%20I%2C%20IV.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3218/2/BAB%20II%2C%20III.pdf format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3218/3/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3218/4/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3218/5/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3218/6/small.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3218/7/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3218/8/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3218/9/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3218/10/small.jpg identifier: ASAD HAFIDZ M NIM. 0541 0010, (2009) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN METODE RESITASI DAN KERJA KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI IPS 1 dan 2 DI SMA KOLOMBO, SLEMAN, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.