@mastersthesis{digilib32188, month = {May}, title = {IMPLEMENTASI BAHASA INGGRIS BERBASIS INTERNATIONAL PRIMARY CURICULLUM (IPC) TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA PADA KELAS CATERPILLAR 2 DI TK CAHAYA BANGSA UTAMA MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 1620430007 RIZKA AMALIA}, year = {2018}, note = {Dr. Erni Munastiwi. MM}, keywords = {bahasa, kurikulum, International Primary Curicullum (IPC)}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32188/}, abstract = {Perkembangan Bahasa Inggris sebagai salah satu Bahasa Interna telah berkontribusi dalam perkembangan kurikulum pembelajaran di Indo dalam meningkatkan pembelajaran inovatif dan bahasa, dimana pembel menggunakan IPC mampu membiasakan anak berkomunikasi dalam berb Inggris di lingkungan lembaga atau sekolah, baik pada proses diruang maupun di area bermain. Oleh karena itu, membutuhkan adanya kerja lembaga dan orang tua. Dengan demikian ada tiga fokus utama dalam pene ini. Pertama, bagaimana implementasi Bahasa Inggris berbasis IPC. Kedua, f pendukung dan penghambat dari implementasi Bahasa Inggris berbasis Ketiga, dampak dari implementasi Bahasa Inggris berbasis IPC . Jenis pene ini adalah pendekatan kualitatif yang diarahkan pada penelitian lapangan research). Untuk bisa memahami tentang bagaimana implementasi IPC ter perkembangan bahasa anak. Adapun penelitian ini menggunakan pengumpulan data melalui metode wawancara mendalam, observasi ber pasif, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data reduction). display data (data display), dan pengambilan kesimpulan verifikasi (conclusion drawing verification). Selanjutnya untuk mengetah keabsahan data dengan meggunakan cara kredibilitas, transferab dependabilitas dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1 tiga cara mengimplikasikan IPC. Pertama, perencanaan kurikulum pembelajaran. Kedua, pengorganisasian kurikulum dan pembelajaran. K implementasi kurikulum dan pembelajaran. Keempat, evaluasi kurikulu pembelajaran. (2) faktor yang menghambat kelancaran proses implem Bahasa Inggris berbasis IPC kurangnya kerjasama guru dan kepala sekola beberapa anak yang masih kesulitan dalam berbicara (Delay Speech) dan f pendukung ialah iklim sekolah yang kondisif, menjadikan suasana b semakin semangat dan sarana prasarana yang lengkap. (3) dampak implem IPC terhadap perkembangan Bahasa Inggris pada anak di TK Cahaya B Utama, anak mampu menggunakan kemampuan bahasa dalam berbagai ko Anak mampu mengutarakan apa yang dirasakan dan apa yang dipik menggunakan Bahasa Inggris.} }