TY  - THES
N1  - Dr. Erni Munastiwi. MM
ID  - digilib32188
UR  - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32188/
A1  - RIZKA AMALIA, NIM. 1620430007
Y1  - 2018/05/02/
N2  - Perkembangan Bahasa Inggris   sebagai   salah satu Bahasa Interna
telah berkontribusi dalam perkembangan kurikulum pembelajaran di Indo dalam  meningkatkan  
pembelajaran  inovatif  dan  bahasa,  dimana  pembel menggunakan IPC   mampu membiasakan anak 
berkomunikasi dalam berb Inggris  di  lingkungan  lembaga  atau  sekolah,  baik  pada  proses  
diruang maupun  di  area  bermain.  Oleh  karena  itu,  membutuhkan  adanya  kerja lembaga dan 
orang tua. Dengan demikian ada tiga fokus utama dalam pene ini. Pertama, bagaimana implementasi 
Bahasa Inggris berbasis IPC. Kedua, f pendukung  dan  penghambat  dari  implementasi  Bahasa  
Inggris  berbasis Ketiga, dampak dari implementasi Bahasa Inggris berbasis IPC . Jenis pene ini 
adalah pendekatan kualitatif yang diarahkan pada penelitian lapangan research). Untuk bisa memahami 
tentang bagaimana implementasi IPC ter perkembangan    bahasa    anak.    Adapun    penelitian    
ini    menggunakan pengumpulan  data  melalui  metode  wawancara  mendalam,  observasi  ber pasif, 
dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara  reduksi data reduction).  display  data  
(data  display),  dan  pengambilan  kesimpulan verifikasi (conclusion drawing verification). 
Selanjutnya untuk mengetah keabsahan   data   dengan   meggunakan      cara      kredibilitas,   
transferab dependabilitas dan konfirmabilitas.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1 tiga   cara   
mengimplikasikan   IPC.   Pertama,   perencanaan   kurikulum pembelajaran.  Kedua,  
pengorganisasian  kurikulum  dan  pembelajaran.  K implementasi kurikulum dan pembelajaran. 
Keempat,   evaluasi kurikulu pembelajaran.  (2)  faktor  yang  menghambat  kelancaran  proses  
implem Bahasa Inggris berbasis IPC  kurangnya kerjasama guru dan kepala sekola beberapa anak yang 
masih kesulitan dalam berbicara (Delay Speech) dan f pendukung    ialah  iklim  sekolah  yang  
kondisif,  menjadikan  suasana  b semakin semangat dan sarana prasarana yang lengkap. (3) dampak 
implem IPC terhadap perkembangan Bahasa Inggris pada anak di TK Cahaya B Utama, anak mampu 
menggunakan kemampuan bahasa dalam berbagai ko Anak  mampu  mengutarakan  apa  yang  dirasakan  dan 
 apa  yang  dipik menggunakan Bahasa Inggris.
PB  - UIN SUNAN KALIJAGA  YOGYAKARTA
KW  - bahasa
KW  -  kurikulum
KW  -  International Primary Curicullum (IPC)
M1  - masters
TI  - IMPLEMENTASI  BAHASA INGGRIS BERBASIS INTERNATIONAL PRIMARY CURICULLUM (IPC) TERHADAP PERKEMBANGAN 
BAHASA PADA KELAS CATERPILLAR 2 DI TK CAHAYA BANGSA UTAMA MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA
AV  - restricted
EP  - 241
ER  -