%A DINA MARIYANA NIM. 05410017 %O Pembimbing : Drs. Moch Fuad %T HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG SIKAP MENGAJAR GURU PAI DENGAN PRESTASI BELAJAR PAI SISWA KELAS VIII SMP N 4 PANDAK BANTUL YOGYAKARTA %X ABSTRACT Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa idealnya jika sikap seorang guru PAI dalam mengajar baik maka prestasi siswa dalam belajar PAI juga akan baik. Namun kenyataannya prestasi siswa dalam belajar PAI sangat rendah dan tidak baik. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang hubungan antara persepsi siswa tentang sikap mengajar guru PAI dengan prestasi belajar PAI siswa. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah : Seberapa tinggi tingkat persepsi siswa tentang sikap mengajar guru PAI, Seberapa tinggi tingkat prestasi belajar PAI siswa, adakah hubungan antara persepsi siswa tentang sikap mengajar guru PAI dengan prestasi belajar PAI siswa kelas VIII SMP N 4 Pandak Bantul Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan antara persepsi siswa tentang sikap mengajar guru PAI dengan prestasi belajar PAI siswa kelas VIII SMP N 4 Pandak Bantul Yogyakarta. Hubungan antar variabel tersebut dibuktikan dengan menggunakan metode statistik. Tekhnik Sampling dalam penelitian ini yaitu dengan tekhnik cluster random sampling yang berjumlah 54 siswa dari populasi sebanyak 108 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Analisis instrument meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis validitas menunjukkan dari 20 butir angket terbukti valid semua. Sedang hasil analisis reliabilitas menunjukkan angket sikap guru PAI mempunyai koefesien reliabilitas sebesar 0,810 dan dinyatakan reliable, dan dokumen prestasi belajar PAI menggunakan data hasil nilai murni Ujian Akhir Semester (UAS) siswa kelas VIII SMP N 4 Pandak Bantul Yogyakarta. Analisis data meliputi analisis deskriptif, dan analisis korelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat persepsi siswa tentang sikap mengajar guru PAI kelas VIII SMP N 4 Pandak Bantul Yogyakarta dalam kategori cukup baik. 2) Terdapat prestasi belajar PAI kelas VIII SMP N 4 Pandak Bantul Yogyakarta dalam kategori cukup atau sedang. 3) Terdapat hubungan yang positif signifikan antara persepsi siswa tentang sikap mengajar guru PAI dengan prestasi belajar PAI siswa kelas VIII SMP N 4 Pandak Bantul Yogyakarta. Dengan koefesien korelasi sebesar 0,437 dan koefesien determinasi sebesar 0,190. hal ini berarti semakin baik sikap guru dalam mengajar maka akan semakin tinggi prestasi belajar PAI siswa. %K Persepsi Siswa, Sikap Mengajar, Guru Pendidikan Agama Islam, Prestasi Belajar, Siswa %D 2009 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib3219