@phdthesis{digilib32193, month = {May}, title = {PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ARABIC CORNER MUMTAZ UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFROD?T KELAS XI AGAMA 2 MAN 3 BANTUL}, school = {UIN Sunan Kalijaga}, author = {NIM: 14420029 SYARIFAH LAYLI}, year = {2018}, note = {Drs. H. Ahmad Rodli, M.Pd}, keywords = {Media Pembelajaran, Pengembangan, Arabic Corner ?Mumtaz?.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32193/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Arabic Corner ?Mumtaz? dalam meningkatkan Penguasaan Mufrod{\=a}t yang dimiliki siswa, serta bagaimana pengaruh media ini di kelas XI Agama 2 MAN 3 Bantul. Penelitian ini menggunakan model Research and Development adalah penelitian pengembangan terhadap media pembelajaran Arabic Corner ?mumtaz? dalam pembelajaran mufrod{\=a}t. Variabel pada penelitian ini ialah pengembangan media pembelajaran Arabic Corner ?Mumtaz? dengan penialaian dari ahli materi derta ahli media. Variabel yang kedua ialah mengukur adanya peningkatan dalam penguasaan mufrod{\=a}t dengan adanya penggunaan media pembelajaran Arabic Corner ?Mumtaz?. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan serta metode pengumpulan data yang digunakan adalah: observasi, wawancara, dokumentasi, angket serta tes. Hasil Penelitian pengembangan media pembelajaran bahasa Arab ini berupa media pembelajaran Arabic Corner ?Mumtaz? untuk kelas XI Agama 2 MAN 3 Bantul. Berdasarkan hasil penilaian ahli materi dan ahli media terhadap media pembelajaran ini. Hasil penilaian dari ahli media secara keseluruhan media adalah 55 dari skor tertinggi 60 dan memiliki kualitas SANGAT BAIK (SB) dengan persentase 97,00 \%, sedangkan penilaian dari ahli materi, media ini mendapatkan skor 49 dari skor tertinggi 60 dan memiliki kualitas SANGAT BAIK (SB) dengan persentase 81,66\%. Lalu berdasarkan hasnil uji coba dari kelompok luas pada siswa kelas XI Agama 2 MAN 3 Bantul menunjukkan peningkatan pada penguasaan mufrod{\=a}t dibuktikan dengan hasil posttest (79,4) lebih besar dibandingkan nilai pretest yaitu (61,2). Serta hasil perhitungan signifikansi menggunakan bantuan aplikasi SPSS 18, bahwa nilai signifikansi 0,000 {\ensuremath{<}} 0,05 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara rata- rata nilai tes sebelum menggunakan media pembelajaran Arabic corner?mumtaz? dengan setelah menggunakan media pembelajaran tersebut. Berdasarkan hasil uraian penelitian tersebut, bahwa media pembelajaran Arabic Corner ?Mumtaz? berpengaruh terhadap peningkatan penguasaan mufrod{\=a}t untuk siswa kelas XI Agama 2 MAN 3 Bantul. Kata kunci : Media Pembelajaran, Pengembangan, Arabic Corner ?Mumtaz?.} }