eprintid: 32193 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/03/21/93 datestamp: 2019-01-03 06:53:50 lastmod: 2019-01-03 06:53:50 status_changed: 2019-01-03 06:53:50 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SYARIFAH LAYLI, NIM: 14420029 title: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ARABIC CORNER MUMTAZ UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRODᾹT KELAS XI AGAMA 2 MAN 3 BANTUL ispublished: pub subjects: pba divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Media Pembelajaran, Pengembangan, Arabic Corner “Mumtaz”. note: Drs. H. Ahmad Rodli, M.Pd abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Arabic Corner “Mumtaz” dalam meningkatkan Penguasaan Mufrodāt yang dimiliki siswa, serta bagaimana pengaruh media ini di kelas XI Agama 2 MAN 3 Bantul. Penelitian ini menggunakan model Research and Development adalah penelitian pengembangan terhadap media pembelajaran Arabic Corner “mumtaz” dalam pembelajaran mufrodāt. Variabel pada penelitian ini ialah pengembangan media pembelajaran Arabic Corner “Mumtaz” dengan penialaian dari ahli materi derta ahli media. Variabel yang kedua ialah mengukur adanya peningkatan dalam penguasaan mufrodāt dengan adanya penggunaan media pembelajaran Arabic Corner “Mumtaz”. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan serta metode pengumpulan data yang digunakan adalah: observasi, wawancara, dokumentasi, angket serta tes. Hasil Penelitian pengembangan media pembelajaran bahasa Arab ini berupa media pembelajaran Arabic Corner “Mumtaz” untuk kelas XI Agama 2 MAN 3 Bantul. Berdasarkan hasil penilaian ahli materi dan ahli media terhadap media pembelajaran ini. Hasil penilaian dari ahli media secara keseluruhan media adalah 55 dari skor tertinggi 60 dan memiliki kualitas SANGAT BAIK (SB) dengan persentase 97,00 %, sedangkan penilaian dari ahli materi, media ini mendapatkan skor 49 dari skor tertinggi 60 dan memiliki kualitas SANGAT BAIK (SB) dengan persentase 81,66%. Lalu berdasarkan hasnil uji coba dari kelompok luas pada siswa kelas XI Agama 2 MAN 3 Bantul menunjukkan peningkatan pada penguasaan mufrodāt dibuktikan dengan hasil posttest (79,4) lebih besar dibandingkan nilai pretest yaitu (61,2). Serta hasil perhitungan signifikansi menggunakan bantuan aplikasi SPSS 18, bahwa nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara rata- rata nilai tes sebelum menggunakan media pembelajaran Arabic corner”mumtaz” dengan setelah menggunakan media pembelajaran tersebut. Berdasarkan hasil uraian penelitian tersebut, bahwa media pembelajaran Arabic Corner “Mumtaz” berpengaruh terhadap peningkatan penguasaan mufrodāt untuk siswa kelas XI Agama 2 MAN 3 Bantul. Kata kunci : Media Pembelajaran, Pengembangan, Arabic Corner “Mumtaz”. date: 2018-05-30 date_type: published pages: 177 institution: UIN Sunan Kalijaga department: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: SYARIFAH LAYLI, NIM: 14420029 (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ARABIC CORNER MUMTAZ UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRODᾹT KELAS XI AGAMA 2 MAN 3 BANTUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32193/1/14420029_BAB%201_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.PDF.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32193/2/14420029_BAB%20II_S.D_%20SEBELUM%20_BAB_TERAKHIR.PDF.pdf