<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "ROHIMAH HIDAYATI, NIM: 14420037 (2018) PENGARUH PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING DALAM PENINGKATKAN MAHARAH AL-KALAM PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS IBNUL QOYYIM PUTRI TAHUN AJARAN 2017/2018"^^ . "Pembelajaran bahasa Arab di Indonesia terdapat banyak problematika.\r\nPenyelesaian problem dalam pembelajaran bahasa Arab belum mencapai tingkat\r\nkeberhasilan. Banyak faktor yang menjadi penyebabnya, salah satunya yaitu\r\npersoalan pendekatan pembelajaran yang diterapkan. Pendekatan brain bassed\r\nlearning adalah salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat membuat siswa\r\naktif dalam maharah al-kalam sehingga mampu meningkatkan keterampilan\r\nberbicara bahasa Arab.\r\nTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan\r\nberbicara bahasa Arab antara kelas eksperimen yang diterapkan pendekatan brain\r\nbased learning dalam pembelajaran bahasa Arab khususnya maharah al-kalam\r\ndengan kelas kontrol yang tidak diterapkan pendekatan brain based learning di\r\nkelas VII MTs Ibnul Qoyyim Putri.\r\nPenelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat\r\nkuantitatif, sedangkan jenis penelitiannya dengan metode penelitian eksperimen.\r\nMetode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, tes dan\r\ndokumentasi. Jumlah sample penelitian ini sebanyak 48 siswa, dengan\r\nterdistribusi rata antara jumlah siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol, yaitu\r\nsejumlah 24 siswa untuk masing-masing kelas.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa uji “t” nilai pretest dan posttest kelas\r\neksperimen dan kontrol menunjukkan nilai sig. (2-tailed) = 0,000 (Ha diterima)\r\nyang artinya terdapat perbedaan hasil kemampuan maharah al-kalam antara kelas\r\neksperimen dan kelas kontrol setelah adanya penerapan pendekatan brain based\r\nlearning dan tidak diterapkannya pendekatan brain based learning. Selain itu nilai\r\nrata-rata posttest untuk kelas eksperimen menunjukkan adanya peningkatan hasil\r\nkemampuan berbicara siswa lebih tinggi, yaitu sebesar 80. Sedangkan kelas\r\nkontrol sebesar 75,16. Dari nilai rata-rata posttest tersebut, kelas eksperimen\r\nmenunjukkan hasil rata-rata yang lebih tinggi yaitu sebesar 11,54. Sedangkan\r\nkelas kontrol hanya memperoleh hasil nilai rata-rata peningkatan sebesar 2,83.\r\nDari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa pendekatan brain based\r\nlearning dapat meningkatkan kemapuan berbicara bahasa Arab.\r\nKata kunci: maharah al-kalam, pendekatan brain based learning, MTs Ibnul\r\nQoyyim Putri"^^ . "2018-05-16" . . . . "UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . "Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . . . . . . . "NIM: 14420037"^^ . "ROHMAH HIDAYATI"^^ . "NIM: 14420037 ROHMAH HIDAYATI"^^ . . . . . . "ROHIMAH HIDAYATI, NIM: 14420037 (2018) PENGARUH PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING DALAM PENINGKATKAN MAHARAH AL-KALAM PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS IBNUL QOYYIM PUTRI TAHUN AJARAN 2017/2018 (Text)"^^ . . . . . "14420037_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "ROHIMAH HIDAYATI, NIM: 14420037 (2018) PENGARUH PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING DALAM PENINGKATKAN MAHARAH AL-KALAM PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS IBNUL QOYYIM PUTRI TAHUN AJARAN 2017/2018 (Text)"^^ . . . . . "ROHIMAH HIDAYATI, NIM: 14420037 (2018) PENGARUH PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING DALAM PENINGKATKAN MAHARAH AL-KALAM PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS IBNUL QOYYIM PUTRI TAHUN AJARAN 2017/2018 (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "ROHIMAH HIDAYATI, NIM: 14420037 (2018) PENGARUH PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING DALAM PENINGKATKAN MAHARAH AL-KALAM PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS IBNUL QOYYIM PUTRI TAHUN AJARAN 2017/2018 (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "ROHIMAH HIDAYATI, NIM: 14420037 (2018) PENGARUH PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING DALAM PENINGKATKAN MAHARAH AL-KALAM PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS IBNUL QOYYIM PUTRI TAHUN AJARAN 2017/2018 (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "ROHIMAH HIDAYATI, NIM: 14420037 (2018) PENGARUH PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING DALAM PENINGKATKAN MAHARAH AL-KALAM PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS IBNUL QOYYIM PUTRI TAHUN AJARAN 2017/2018 (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "ROHIMAH HIDAYATI, NIM: 14420037 (2018) PENGARUH PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING DALAM PENINGKATKAN MAHARAH AL-KALAM PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS IBNUL QOYYIM PUTRI TAHUN AJARAN 2017/2018 (Other)"^^ . . . . . . "ROHIMAH HIDAYATI, NIM: 14420037 (2018) PENGARUH PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING DALAM PENINGKATKAN MAHARAH AL-KALAM PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS IBNUL QOYYIM PUTRI TAHUN AJARAN 2017/2018 (Other)"^^ . . . . . . "ROHIMAH HIDAYATI, NIM: 14420037 (2018) PENGARUH PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING DALAM PENINGKATKAN MAHARAH AL-KALAM PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS IBNUL QOYYIM PUTRI TAHUN AJARAN 2017/2018 (Other)"^^ . . . . . . "ROHIMAH HIDAYATI, NIM: 14420037 (2018) PENGARUH PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING DALAM PENINGKATKAN MAHARAH AL-KALAM PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS IBNUL QOYYIM PUTRI TAHUN AJARAN 2017/2018 (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #32195 \n\nROHIMAH HIDAYATI, NIM: 14420037 (2018) PENGARUH PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING DALAM PENINGKATKAN MAHARAH AL-KALAM PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS IBNUL QOYYIM PUTRI TAHUN AJARAN 2017/2018\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Bahasa Arab"@id . .