eprintid: 3220 rev_number: 16 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/32/20 datestamp: 2012-08-08 10:53:10 lastmod: 2017-03-15 02:14:58 status_changed: 2012-05-04 16:44:05 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: DYAH WARDANI NIM: 04471214, title: EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI MA NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA ispublished: pub divisions: jur_kis full_text_status: restricted keywords: Efektivitas, Layanan, Bimbingan dan Konseling, Motivasi Belajar, Siswa note: Pembimbing : Dra.Asnafiyah, M.Pd. abstract: ABSTRACT Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program bimbingan dan konseling dan sejauh mana efektivitas layanannya dalam meningkatkan motivasi belajar. Dari hasil tersebut diharapkan dapat digunakan untuk mengetahui sejauh mana efektivitas layanan bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar anak serta memberikan sumbangan untuk MA Nurul Ummah sebagai madrasah yang tengah berkembang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan ( Field Reseacrh ) dengan menggunakan metode analisis statistik dan non statistik, dengan pola berfikir deduktif dan induktif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, Interview, dokumentasi dan juga angket. Dengan mengambil latar MA Nurul Ummah. Adapun populasinya adalah kelas XI MA Nurul Ummah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa layanan BK di MA Nurul Ummah, dalam meningkatkan motivasi belajar siswa terdiri dari lima program yaitu: layanan orientasi, layanan konseling kelompok, layanan pembelajaran, layanan bimbingan dan konseling perorangan dan layanan informasi. Yang mana program ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, karena kompleksitas permasalahan yang terjadi pada siswa, sehinnga dapat menurunkan motivasi belajar pada siswa. Adapun untuk layanan BK di MA Nurul Ummah sudah dapat dikatakan efektif hal ini di tunjukkan oleh data yang penulis peroleh dan juga hasil wawancara dengan guru BK. Hanya saja untuk konseling perorangan masih belum evektif karena belum adanya partisipasi aktif dari anggota sedangkan untuk layanan yang lain seperti layanan bimbingan belajar, layanan konseling kelompok ataupun orientasi sudah dapat dikatakan efektif karena sudah mencapai tujuan pokok,dan adanya partisipasi aktif dari anggota yaitu semua komponen sekolah terutama guru BK dan juga dari siswa sendiri. date: 2009-10-06 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Tarbiyah thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2009-10-06 11:57:19 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--dyahwardan-2940-1-dyahwar-a.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/59/digilib-uinsuka--dyahwardan-2940-1-dyahwar-a.pdf ; url download server lama : /download.php?id=3351 ; nama file lama : DYAH WARDANI 04471214 EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI MA NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 965791 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: DYAH WARDANI NIM: 04471214, (2009) EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI MA NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3220/1/BAB%20I%2C%20IV.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3220/2/BAB%20II%2C%20III.pdf