<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "INOVASI GURU DALAM PEMBELAJARAN BERHITUNG UNTUK MENSTIMULASI KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS\r\nDI TK KALYCA MONTESSORI SCHOOL\r\n(STUDI KASUS DI KELAS BUGIS)"^^ . "Pembelajaran berhitung pada anak usia dini dapat dimulai dari tahap yang konkret menuju abstrak. \r\nPembelajaran berhitung seharusnya memperhatikan setiap aspek perkembangan anak, karena anak belajar \r\ndari lingkungannya. Oleh karena itu, dibutuhkan inovasi guru dalam pembelajaran berhitung. Dengan \r\ndemikian, fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui latar belakang mengapa inovasi guru penting, \r\nbagaimana proses guru dalam berinovasi, dan apa hasil inovasi guru dalam pembelajaran berhitung \r\nuntuk menstimulasi kecerdasan logis- matematis. Adapun alasan peneliti memilih TK Kalyca Montessori \r\nSchool Yogyakarta adalah karena TK ini merupakan salah satu TK yang menerapkan metode Montessori \r\ndalam pembelajarannya dan mempunyai salah satu area yang berkaitan dengan pembelajaran berhitung \r\nyaitu area matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode \r\nkualitatif deskriptif yang berbentuk studi kasus. Adapun teknik pemilihan informan dalam penelitian \r\nini menggunakan teknik Purposive Sampling, yang mana sumber utamanya adalah\r\n2 orang guru kelas Bugis, kemudian didukung oleh sumber tambahan yaitu Kepala Sekolah dan Direktur \r\nTK Kalyca Montessori School Yogyakarta. Adapun teknik pengumpulan data melalui wawancara, \r\nobservasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data, \r\nmenyajikan data, dan membuat kesimpulan. Selanjutnya, untuk mengetahui keabsahan data dengan \r\nmelakukan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan pengamatan, trianggulasi sumber data, dan \r\nmengadakan member check. Hasil penelitian ini adalah (1) alasan penting guru melakukan inovasi \r\ndalam pembelajaran berhitung adalah karena selain sebagai fasilitator dan observer, guru sebagai \r\npembelajar (training filosofi Montessori, training menggunakan aparatus dengan baik dan benar, \r\ndiskusi bagaimana cara mengatur kelas, dan belajar dari modul), pengadopsi (mencari benda-benda \r\nkonkret yang bisa dihitung di luar kelas, mencari informasi di youtube tentang bagaimana cara \r\nmengkombinasikan aparatus satu dengan aparatus lainnya), pengembang (mengganti objek dari \r\naparatus), dan pencipta (membuat sequence, counting set, dan update worksheet);\r\n(2) proses inovasi guru dalam pembelajaran berhitung adalah melalui tiga tahapan yaitu tahap \r\npengenalan konsep (melalui pembelajaran tiga tahap secara langsung dengan aparatus konkret), tahap \r\ntransisi/ peralihan (secara tidak langsung dengan aparatus konkret), dan tahap lambang \r\n(mengkombinasi secara langsung dan tidak langsung dengan aparatus konkret); (3) hasil inovasi guru \r\ndalam pembelajaran berhitung untuk menstimulasi kecerdasan logis-matematis (anak mampu berpikir \r\nlogis, meningkatkan daya ingat, mampu mengklasifikasikan, meningkatkan bilangan, menemukan cara \r\nkerja, menjadi pemecah masalah, mengerti sebab akibat, dan meningkatkan ketelitian)."^^ . "2018-05-15" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 1620430013"^^ . "ANGGRIA NOVITA"^^ . "NIM. 1620430013 ANGGRIA NOVITA"^^ . . . . . . "INOVASI GURU DALAM PEMBELAJARAN BERHITUNG UNTUK MENSTIMULASI KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS\r\nDI TK KALYCA MONTESSORI SCHOOL\r\n(STUDI KASUS DI KELAS BUGIS) (Text)"^^ . . . . . "1620430013_BAB-I_V_DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "INOVASI GURU DALAM PEMBELAJARAN BERHITUNG UNTUK MENSTIMULASI KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS\r\nDI TK KALYCA MONTESSORI SCHOOL\r\n(STUDI KASUS DI KELAS BUGIS) (Text)"^^ . . . . . "INOVASI GURU DALAM PEMBELAJARAN BERHITUNG UNTUK MENSTIMULASI KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS\r\nDI TK KALYCA MONTESSORI SCHOOL\r\n(STUDI KASUS DI KELAS BUGIS) (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "INOVASI GURU DALAM PEMBELAJARAN BERHITUNG UNTUK MENSTIMULASI KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS\r\nDI TK KALYCA MONTESSORI SCHOOL\r\n(STUDI KASUS DI KELAS BUGIS) (Other)"^^ . . . . . . "INOVASI GURU DALAM PEMBELAJARAN BERHITUNG UNTUK MENSTIMULASI KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS\r\nDI TK KALYCA MONTESSORI SCHOOL\r\n(STUDI KASUS DI KELAS BUGIS) (Other)"^^ . . . . . . "INOVASI GURU DALAM PEMBELAJARAN BERHITUNG UNTUK MENSTIMULASI KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS\r\nDI TK KALYCA MONTESSORI SCHOOL\r\n(STUDI KASUS DI KELAS BUGIS) (Other)"^^ . . . . . . "INOVASI GURU DALAM PEMBELAJARAN BERHITUNG UNTUK MENSTIMULASI KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS\r\nDI TK KALYCA MONTESSORI SCHOOL\r\n(STUDI KASUS DI KELAS BUGIS) (Other)"^^ . . . . . . "INOVASI GURU DALAM PEMBELAJARAN BERHITUNG UNTUK MENSTIMULASI KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS\r\nDI TK KALYCA MONTESSORI SCHOOL\r\n(STUDI KASUS DI KELAS BUGIS) (Other)"^^ . . . . . . "INOVASI GURU DALAM PEMBELAJARAN BERHITUNG UNTUK MENSTIMULASI KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS\r\nDI TK KALYCA MONTESSORI SCHOOL\r\n(STUDI KASUS DI KELAS BUGIS) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "INOVASI GURU DALAM PEMBELAJARAN BERHITUNG UNTUK MENSTIMULASI KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS\r\nDI TK KALYCA MONTESSORI SCHOOL\r\n(STUDI KASUS DI KELAS BUGIS) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "INOVASI GURU DALAM PEMBELAJARAN BERHITUNG UNTUK MENSTIMULASI KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS\r\nDI TK KALYCA MONTESSORI SCHOOL\r\n(STUDI KASUS DI KELAS BUGIS) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "INOVASI GURU DALAM PEMBELAJARAN BERHITUNG UNTUK MENSTIMULASI KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS\r\nDI TK KALYCA MONTESSORI SCHOOL\r\n(STUDI KASUS DI KELAS BUGIS) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #32203 \n\nINOVASI GURU DALAM PEMBELAJARAN BERHITUNG UNTUK MENSTIMULASI KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS \nDI TK KALYCA MONTESSORI SCHOOL \n(STUDI KASUS DI KELAS BUGIS)\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)" . .