%0 Thesis %9 Skripsi %A HABIBUR ROHMAN, NIM: 14420055 %B Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan %D 2018 %F digilib:32217 %I UIN Sunan Kalijaga %P 171 %T PENGEMBANGAN MEDIA CONSTRUCT 2 DALAM PEMBELAJARAN AL-QIRĀ’AH DI MTS N 1 YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2017-2018 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32217/ %X Penelitian pengembangan ini bentujuan untuk mengetahui bagaimana membuat media construct 2 dalam pembelajaran qirā’ah di MTs N 1 Yogyakarta dan untuk mengetahui bagaimana respon siswa terhadap media construct 2. Penelitian media ini menggunakan penelitian R & D model Borg and Gall yang terdiri dari 10 langkah yaitu : potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk dan produksi masal. Prosedur penelitian ini terbatas sampai tahap uji coba pemakaian. Produk ini ditinjau oleh dosen pembimbing, ahli materi, ahli media dan teman sejawat (peer reviewer) dan direspon oleh 31 peserta didik MTs N 1 Yogyakarta. Instrument yang digunakan berupa angket untuk melihat kualitas produk dan angket respon peserta didik untuk melihat tanggapan peserta didik terhadap produk. Hasil penelitian dan respon berupa data kuantitatif, kemudian dianalisis dengan kriteria penilaian dan persentase keidealan untuk menentukan kualitas produk. Hasil penelitian pengembangan berupa media pembelajaran construct 2. Berdasarkan hasil penilaian, menurut para ahli media construct 2 dalam pembelajaran qirā’ah memiliki kualitas sangat baik dengan persentase keidealan 83,16% . Sedangkan respon yang dihasilkan menurut 31 peserta didik yaitu 81,5%. Dari hasil penilaian tersebut, dapat disimpulkan bahwa media construct 2 ini layak dan dapat dijadikan media pembelajaran. Kata kunci: Penelitian Pengembangan, Media Construct 2, Pembelajaran Qirā’ah. %Z Penelitian Pengembangan, Media Construct 2, Pembelajaran Qirā’ah.