TY - THES N1 - Pembimbing : Dr Hj Marhumah, M.Pd ID - digilib3222 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3222/ A1 - ELLY ERMAWATI NIM : 05410160, Y1 - 2009/10/06/ N2 - Latar belakang penelitian ini, yakni usia TK adalah usia anak untuk bermain, bernyanyi, sepeti halnya dalam hal pembelajaran di TK pada umumnya yang diwarnai dengan adanya pelajaran menyanyi, sedangkan di TKIT Imam syafi'i ini sendiri meniadakan pelajaran menyanyi akan tetapi lebih memperbanyak waktu anak bersama dengan hafalan-hafalan juz amp;#8216;Amma. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang Metode Pembelajaran Tahfiz Juz amp;#8216;Amma di Taman Kakan-kanak Islam Terpadu (TKIT) Imam Syafi'i Yogyakarta. Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah Metode apa saja yang digunakan oleh para uztadzah dalam pembelajaran Tahfiz Juz amp;#8216;Amma di TKIT Imam Syafi'i?, Faktor apa saja yang menghambat dan mendukung dalam penggunaan metode Tahfiz Juz amp;#8216;Amma di TKIT Imam Syafi'i? Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan oleh ustadzah TK untuk menyampaikan mata pelajaran tahfiz juz amp;#8216;Amma dengan metode yang relevan, kontekstual dan disesuaikan dengan kemampuan santri/siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang menggunakan pendekatan pedagogis-psikologis, yakni penelitian ini berusaha untuk mengkaji pokok permasalahan penelitian dengan sudut pandang pendidikan, sedangkan secara psikologis sebagai suatu proses pembelajaran memerlukan berbagai faktor yang secara keseluruhan merujuk kepada kegiatan belajar mengajar di kelas yang efektif dan efisien. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data, mereduksinya, menyusunnya dalam satuan dan mengkategorikannya kemudian memeriksa keabsahan data serta menarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) metode pembelajaran tahfidz juz amma yang digunakan di TKIT Imam Syafi'i meliputi: a) musyafahah, b) demonstrasi, c) pembiasaan, d) setor individu, e) kuis, f) murajaah, g) belajar sambil bermain. (2) Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran tahfidz juz amma di TKIT Imam syafi'I ini ditinjau dari berbagai aspek telah menghasilkan kemajuan yang cukup sinifikan yakni tercapainya target hafalan. Keberhasilan tersebut karena didukung oleh beberapa faktor. Walaupun demikian, penggunaan metode pembelajaran tahfidz juz amma di TKIT Imam syafi'I ini juga belum bisa maksimal dikarenakan adanya kendala atau faktor penghambat yang datang dari beberapa aspek. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Metode Pembelajaran KW - Tahfiz Juz 'Amma M1 - skripsi TI - METODE PEMBELAJARAN TAHFIZ JUZ ?AMMA DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU ( TKIT ) IMAM SYAFI?I YOGYAKARTA AV - restricted ER -