%0 Thesis %9 Masters %A NUR IMAM MAHDI, NIM. 1620430020 %B FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN %D 2018 %F digilib:32220 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Multimedia, Kereta Hijaiyah, Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah. %P 167 %T PENGEMBANGAN MULTIMEDIA “KERETA HIJAIYAH” DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH DI TKIT SALSABILA 2 BANGUNTAPAN YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32220/ %X Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kebutuhan pengembangan media dalam pembelajaran membaca huruf hijaiyah. 2) mengembangkan media “Kereta Hijaiyah” dalam pembelajaran membaca huruf hijaiyah. 3) mengetahui validasi ahli media dan materi dalam pengembangan multimedia “Kereta Hijaiyah”. 4) mengetahui uji coba “Kereta Hijaiyah” dalam Pembelajaran membaca huruf hijaiyah. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan Research and Development(R&D). Model pengembangan meliputi eksplorasi, pengembangan validasi dan uji coba. Validasi produk dengan dua ahli. Setelah dilakukan validasi ahli media dan ahli materi kemudian media “Kereta Hijaiyah” dilakukan revisi sesuai dengan masukan dari kedua ahli. Selajutnya uji coba dilakukan di TKIT Salsabila 2 Banguntapan dengan obyek penelitian adalah anak-anak TK B. Untuk uji coba dilakukan pengamatan terhadap obyek bagaimana hasil perkembangannya. Hasil penelitian adalah: 1) mengetahui masalah yang ada terkait pembelajaran membaca huruf hijiaiyah. 2) pengembangan multimedia “kereta hijaiyah” meliputi perancangan produk, pembuatan produk, metode testing untuk menguji. 3) hasil validasi menunjukan bahwa produk “Kereta Hijaiyah” layak dan memiliki kualitas sangat baik. Hasil rata-rata ahli media 4,6 dan rata- rata penilaian ahli materi 4,5. 4) uji coba ”Kereta Hijaiyah” dalam kemampuan membaca huruf hijaiyah hasil presentase kemampuan melafal mencapai 50%, mengenal 42%, menghafal 67%. %Z Dr. Hj. Sri Sumarni, M.Pd,