TY - THES N1 - Drs. H. Ahmad Rodli, M.Si. ID - digilib32221 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32221/ A1 - Muhammad Amin Qodri Syahnaidi, NIM: 14420063 Y1 - 2018/05/30/ N2 - Pembahasan dalam skripsi ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Arab, pelaksanaan integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Arab serta implikasi pendidikan karakter terhadap karakter peserta didik di SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan mengambil objek penelitian di SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dalam skripsi ini menunjukkan: (1) Perencanaan integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Arab dituangkan ke dalam silabus dan RPP. Integrasi pendidikan karakter pada tahap perencanaan pembelajaran telah dilakukan dalam ranah filosofis, materi dan strategi. (2) Pelaksanaan integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Arab dilakukan melalui kegiatan pembelajaran, pemberian nasihat, serta keteladanan guru dalam mengajar bahasa Arab. Integrasi pendidikan karakter pada tahap pelaksanaan pembelajaran telah dilakukan pada ranah filosofis, materi dan strategi. (3) Implikasi pendidikan karakter terhadap karakter siswa menunjukkan bahwa terdapat karakter yang terlihat pada siswa berupa religius, patuh, disiplin, komunikatif dan tanggung jawab. Kata kunci: Integrasi, Pendidikan Karakter, Pembelajaran Bahasa Arab PB - UIN Sunan Kalijaga KW - Integrasi KW - Pendidikan Karakter KW - Pembelajaran Bahasa Arab M1 - skripsi TI - INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA KURIKULUM ISMUBA DI SMP MUHAMMADIYAH 10 YOGYAKARTA AV - restricted EP - 132 ER -