TY - THES N1 - Dr. Nasiruddin, M.S.I., M.Pd. ID - digilib32225 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32225/ A1 - Anjahana Fakhiroh, NIM: 14420108 Y1 - 2018/05/31/ N2 - Latar belakang dalam penelitian ini adalah adanya fakta bahwa metode pembelajaran yang diterapkan di MTs Negeri 3 Sleman masih monoton dengan metode ceramah dan drill method serta kurang dalam menerapkan media pembelajaran. Oleh karena itu, penulis mencoba menerapkan media pembelajaran berupa permainan edukatif bahasa Arab ?Ini Huruf Awalku? sebagai suatu media pembelajaran alternatif. Penulis juga berharap bahwa media permainan ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang penguasaan mufradat bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran mufradat melalui media permainan ?Ini Huruf Awalku?. (2) Mengetahui efektivitas penerapan media permainan ?Ini Huruf Awalku? dalam meningkatkan penguasaan mufradat bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian experimental research (penelitian eksperimen). Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan VII A sebagai kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Adapun tes dalam penelitian ini meliputi pretest dan posttest. Penelitian ini menggunakan Non-Equivalent Control Group Design sebagai desain penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar kelas eksperimen mengalami peningkatan antara rata-rata nilai pretest dan posttest yaitu 59.75 menjadi 84.1944 dan hasil belajar kelas kontrol mengalami peningkatan antara rata-rata nilai pretest dan posttest yaitu 56.5 menjadi 65.11. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata nilai posttest kelas kontrol. (2) Media permainan ?Ini Huruf Awalku? dikatakan efektif dalam pembelajaran mufradat di kelas VII MTsN 3 Sleman. Hal tersebut didasarkan pada hasil analisis data melalui uji-T jenis Paired Sample T-Test dengan signifikansi 0.000 < 0.05, sesuai dengan pedoman pengambilan keputusan maka diputuskan bahwa terdapat perbedaan signifikan pada hasil pembelajaran mufradat siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media permainan ?Ini Huruf Awalku? dapat digunakan sebagai solusi alternatif dalam meningkatkan penguasaan mufradat bahasa Arab. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Permainan ?Ini Huruf Awalku?, Pembelajaran Mufradat. PB - UIN Sunan Kalijaga KW - Media Pembelajaran KW - Permainan ?Ini Huruf Awalku? KW - Pembelajaran Mufradat. M1 - skripsi TI - EFEKTIVITAS MEDIA PERMAINAN ?INI HURUF AWALKU? UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRADAT BAHASA ARAB (STUDI EKSPERIMEN SISWA KELAS VII MTS NEGERI 3 SLEMAN) TAHUN AJARAN 2017/2018 AV - restricted EP - 250 ER -