TY - THES N1 - Pembimbing : Drs. Sabarudin, M.Si. ID - digilib3223 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3223/ A1 - ELVIN AMANY AZZAMANY NIM. 05410178, Y1 - 2009/10/06/ N2 - ABSTRACT Latar belakang dari penelitian ini adalah adanya kesenjangan antara idealitas peserta didik yang seharusnya mempunyai akhlak terpuji dengan realitas akhlak peserta didik di SD Nolobangsan Komplek Polri Gowok Yogyakarta. Idealitas peserta didik adalah mempunyai akhlak terpuji yang sesuai dengan norma-norma agama, tapi realitanya masih ada beberapa peserta didik di SD Nolobangsan yang berperilaku kurang terpuji. Berdasarkan latar belakang di atas, yang menjadi permasalahan adalah aspek apa saja yang ditekankan dalam pembinaan akhlak peserta didik, bagaimana upaya guru agama Islam dalam meningkatkan pembinaan akhlak peserta didik, metode apa yang digunakan oleh guru agama Islam dalam meningkatkan pembinaan akhlak peserta didik, serta kendala apa yang dihadapi oleh guru agama Islam dalam meningkatkan pembinaan akhlak peserta didik di SD Nolobangsan Komplek Polri Gowok Yogyakarta. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui aspek-aspek yang mendapat penekanan dalam pembinaan akhlak peserta didik, upaya yang dilakukan guru agama Islam dalam meningkatkan pembinaan akhlak peserta didik, metode yang digunakan guru agama Islam dalam meningkatkan pembinaan akhlak peserta didik, serta kendala yang dihadapi guru agama Islam dalam meningkatkan pembinaan akhlak peserta didik di SD Nolobangsan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar SD Nolobangsan Komplek Polri Gowok Yogyakarta. Pengumpulan data dengan observasi non partisipatif, wawancara dengan menggunakan pedoman, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan metode induktif yaitu cara berfikir yang berangkat dari fakta-fakta. Untuk menguji keabsahan data digunakan triangulasi, yaitu triangulasi metode. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Aspek-aspek yang mendapatkan penekanan dalam pembinaan akhlak peserta didik di SD Nolobangsan adalah penanaman akhlak kepada Allah swt, akhlak kepada guru dan akhlak kepada sesama teman. (2) Upaya yang dilakukan guru agama Islam dalam meningkatkan pembinaan akhlak peserta didik di SD Nolobangsan adalah dengan menanamkan aspek akhlak kepada Allah swt, guru dan teman, yang diaplikasikan melalui pembinaan dalam proses pembelajaran di kelas, dan melalui kegiatan-kegiatan di luar jam pelajaran kelas, seperti sholat, zakat, TPA. (3) Metode yang digunakan guru agama Islam dalam meningkatkan pembinaan akhlak peserta didik di SD Nolobangsan adalah dengan menanamkan aspek akhlak kepada Allah swt, guru dan teman, yang diaplikasikan melalui metode keteladanan, metode pembiasaan, metode pengawasan, metode cerita, metode ceramah, metode pemberian nasehat, metode pemberian hukuman. (4) Kendala yang dihadapi oleh guru agama Islam dalam membina akhlak peserta didik di SD Nolobangsan adalah lingkungan, termasuk peserta didik dan guru PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Guru Agama Islam KW - Pembinaan Akhlak KW - Peserta Didik M1 - skripsi TI - UPAYA GURU AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PEMBINAAN AKHLAK PESERTA DIDIK DI SD NOLOBANGSAN KOMPLEK POLRI GOWOK YOGYAKARTA AV - restricted ER -