eprintid: 32239 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/03/22/39 datestamp: 2019-01-07 03:51:26 lastmod: 2019-01-07 03:51:26 status_changed: 2019-01-07 03:51:26 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SITI FATIMAH, NIM. 14410035 title: IMPLEMENTASI PROGRAM ADIWIYATA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII SMP N 3 KEBUMEN ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: implementasi, program Adiwiyata, pembelajaran PAI note: Drs. Mujahid, M.Ag abstract: Latar belakang penelitian ini adalah: kegelisahan peneliti terhadap kerusakan lingkungan yang sekarang sering terjadi disekitar kita karena kurangnya kesadaran setiap individu terhadap kepedulian lingkungan. Untuk menumbuhkan kesadaran seseorang tentunya perlu adanya proses pembenahan lingkungan yang dilakukan sejak dini dengan usaha sadar dan terorganisir. Dalam hal ini SMP N 3 Kebumen mengimplementasikan program Adiwiyata dalam proses pembelajaran PAI yang dilaksanakan dalam proses perencanaan, pelaksanaan, maupun evaluasi pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambi latar belakang SMP N 3 Kebumen. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Dalam penarikan kesimpulan, penulis menggunakan triangulasi data dengan cara membandingkan informasi yang diperoleh dari bererapa sumber, dengan teknik yang berbeda dan waktu yang berbeda pula, sehingga diperoleh data yang abash. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Konsep Pendidikan Adiwiyata di SMP N 3 Kebumen meliputi: lembaga pendidikan dan media pendidikan. Pelaksanaan program Adiwiyata diletakkan pada dua prinsip dasar dan ditetapkan 4 (empat) komponen. Prinsip-prinsip dasar program Adiwiyata di SMP N 3 Kebumen meliputi: prinsip edukatif, prinsip parsitipatif, dan prinsip berkelanjutan. Sedangkan komponen program Adiwiyata meliputi: kebijakan berwawasan lingkungan, pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan, dan kegiatan lingkungan berbasis parsitipatif. (2) Implementasi program Adiwiyata dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas VIII mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Perencanaaan proses pembelajaran di kelas VIII meliputi silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Pelaksanaan Pembelajaran meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Dalam pembelajaran guru PAI menggunakan metode pembelajaran dengan metode ceramah, diskusi, tanya jawab, dan media teks. Kata Kunci : implementasi, program Adiwiyata, pembelajaran PAI date: 2018-05-28 date_type: published pages: 229 institution: UIN Sunan Kalijaga department: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: SITI FATIMAH, NIM. 14410035 (2018) IMPLEMENTASI PROGRAM ADIWIYATA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII SMP N 3 KEBUMEN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32239/1/14410035_BAB%20I-IV_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32239/2/14410035_BAB-II_sampai_BAB%20III.pdf