eprintid: 3224 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/32/24 datestamp: 2012-09-11 09:55:29 lastmod: 2012-09-11 09:56:37 status_changed: 2012-05-04 16:44:05 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ERWIN HARDIYANTO NIM. 05410201, title: KEJENUHAN BELAJAR DAN CARA MENGATASINYA Studi Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Tarikh di SMP Muhammadiyah 3 Depok ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Kejenuhan Belajar, Cara Mengatasinya, Pembelajaran Tarikh note: Pembimbing : Drs. Sarjono, M.Si abstract: Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa di SMP Muhammadiyah 3 Depok diadakan pembelajaran tarikh yang bertujuan untuk memberikan kemampuan dan pengetahuan kepada siswa agar bisa memahami dan mengambil nilai positif dari setiap materi yang diajarkan dengan penuh semangat dan rasa senang. Namun, sebagian besar siswa dalam mengikuti pelajaran sering sekali mengalami kejenuhan atau kebosanan di kelas. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah mengapa sebagian besar siswa sering merasa jenuh dalam mengikuti pembelajaran tarikh, bagaimana metode pembelajaran tarikh di kelas, dan faktor apa saja yang menghambat pelaksanaan pembelajaran tarikh di kelas. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan sebab-sebab sebagian besar siswa sering merasa jenuh dan bagaimana cara mengatasinya, dan faktor-faktor yang menghambat pelaksanaan pembelajaran tarikh di SMP Muhammadiyah 3 Depok. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan untuk menyempurnakan pembelajaran tarikh di SMP Muhammadiyah 3 Depok. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi di SMP Muhammadiyah 3 Depok. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan psikologi belajar, yaitu pendekatan yang meliputi aspek-aspek kejiwaan yang ada dalam diri siswa baik dari segi fisik maupun psikisnya, yang berhubungan dengan perilakunya di dalam belajar. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan bersifat deskriptik analitik, yaitu menjabarkan dan menganalisis segala fenomena yang terjadi dari hasil penelitian yang diperoleh. Untuk menganalisis data kualitatif digunakan pola induktif, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedang pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan cara menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Sebab-sebab siswa di SMP Muhammadiyah 3 Depok sering merasa jenuh atau bosan dalam mengikuti pembelajaran tarikh adalah Pertama penggunaan metode pembelajaran yang masih kurang. Kedua kesulitan siswa dalam memahami dan menghafalkan materi pelajaran tarikh. Ketiga kurangnya peran orang tua dan intensitas siswa dalam belajar tarikh di rumah. Keempat kelelahan yang sering melanda karena terlalu padatnya kegiatan yang ada di SMP Muhammadiyah 3 Depok 2) Metode yang digunakan dalam pembelajaran tarikh di antaranya adalah metode dengan media pembelajaran, menyanyi dengan teks, metode diskusi, metode demonstrasi, dan metode resitasi. 3) Faktor-faktor yang menghambat pelaksanaan pembelajaran tarikh adalah Pertama waktu pembelajaran yang masih kurang. Kedua guru pembelajaran tarikh yang kurang dalam memanfaatkan media yang ada di sekolah guna mendukung pelaksanaan pembelajaran. Ketiga kesulitan siswa dalam memahami dan menghafalkan materi. Keempat kurangnya tanggung jawab siswa dalam melaksanakan tugas belajarnya. date: 2009-10-06 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Tarbiyah thesis_type: skripsi refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2009-10-06 12:40:08 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--erwinhardi-2944-1-erwinha-).pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/59/digilib-uinsuka--erwinhardi-2944-1-erwinha-).pdf ; url download server lama : /download.php?id=3355 ; nama file lama : ERWIN HARDIYANTO 05410201 KEJENUHAN BELAJAR DAN CARA MENGATASINYA (Studi Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Tarikh di SMP Muhammadiyah 3 Depok).pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1579761 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: ERWIN HARDIYANTO NIM. 05410201, (2009) KEJENUHAN BELAJAR DAN CARA MENGATASINYA Studi Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Tarikh di SMP Muhammadiyah 3 Depok. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3224/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3224/2/BAB%20II%2C%20III.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3224/3/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3224/4/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3224/5/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3224/6/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3224/7/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3224/8/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3224/9/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3224/10/small.jpg