relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32240/ title: PENERAPAN METODE QIRAATI DALAM PROSES PEMBELAJARAN BTHQ SISWA KELAS IV DI SDIT MUTIARA INSANI GALUR KULON PROGO TAHUN PELAJARAN 2017/2018 creator: WIWIN KURNIASARI, NIM. 14410039 subject: Pendidikan Agama Islam description: Menjaga eksistensi Alquran adalah hal yang harus dilakukan oleh Umat Islam di dunia, karena Alquran adalah pedoman hidup yang menuntun manusia menuju jalan kebenaran. Salah satu upaya menjaga eksistensi Alquran adalah dengan menghafalkan Alquran. Upaya menghafal Alquran harus terus dilakukan khususnya di Indonesia karena jumlah para penghafal Alquran Indonesia masih sangat sedikit yakni 0,01% dari jumlah penduduk di Indonesia. Sedikitnya penghafal Alquran ini karena menghafal Alquran itu dianggap susah sehingga membutuhkan sebuah penerapan metode belajar. Penerapan Metode Qiraati disini adalah salah satu upaya untuk memudahkan para penghafal Alquran khususnya pada anak usia sekolah dasar dalam menghafal Alquran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan analisis penelitian deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, koordinator Qiraati, guru tahsin, guru tahfidz, dan siswa-siswi kelas IV di SDIT Mutiara Insani. Objeknya adalah penerapan metode Qiraati dalam proses pembelajaran BTHQ siswa kelas IV di SDIT Mutiara Insani Tahun Pelajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes hafalan. Teknis analisis data yang digunakan meliputi Data Reduction, Data Display dan Conclusion Drawing. Teknik pemeriksaan data dengan cara menggabungkan berbagai teknik pengumpulan data dan sumber data yang telah ada. Adapun triangulasi digunakan dalam penelitian adalah triangulasi teknik dan sumber. Hasil Penelitian menunjukkan penerapan metode Qiraati dalam proses pembelajaran BTHQ di kelas IV SDIT Mutiara Insani terlihat pada strategi pengajaran yang digunakan dan penggunaan nada yang menjadi ciri khas Qiraati. Dengan penerapan metode Qiraati ini, kualitas hafalan yang dapat dicapai oleh siswa kelas IV adalah 26,85% kategori sangat baik, 62,96% kategori baik 7,41% kategori cukup baik serta 2,78% kategori perlu bimbingan. Faktor pendukung pembelajaran BTHQ adalah motivasi dan minat siswa yang tinggi, guru yang bersyahadah Qiraati, adanya pembagian kelompok kecil, dan penggunaan nada ciri khas Qiraati, sedangkan faktor penghambatnya terdiri dari kemampuan siswa yang berbeda-beda, belum adanya target harian/pekanan, keterbatasaan waktu muroja‟ah di sekolah serta keterbatasan waktu pembelajaran BTHQ. Kata Kunci : Penerapan Qiraati, BTHQ, Kualitas Hafalan date: 2018-05-28 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32240/1/14410039_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32240/2/14410039_BAB%20II_sampai_SEBELUM%20TERAKHIR.pdf identifier: WIWIN KURNIASARI, NIM. 14410039 (2018) PENERAPAN METODE QIRAATI DALAM PROSES PEMBELAJARAN BTHQ SISWA KELAS IV DI SDIT MUTIARA INSANI GALUR KULON PROGO TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.