eprintid: 32265 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/03/22/65 datestamp: 2019-01-08 02:14:58 lastmod: 2019-01-08 02:14:58 status_changed: 2019-01-08 02:14:58 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ROSITA INDAH OKTAVIANI, NIP. 11690020 title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII MTS N 8 SLEMAN PADA MATERI CAHAYA SKRIPSI UNTUK MEMENUHI PERSYARATAN MENCAPAI DERAJAT SARJANA S-1 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA ispublished: pub subjects: Pen_fis divisions: jur_pefis full_text_status: restricted keywords: Model Guided Discovery, kemampuan berpikir kritis, cahaya. note: Joko Purwanto, M.Sc abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh mo pembelajaran Guided Discovery terhadap peningkatan kemampuan berpikir kri siswa. (2) Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang mengik pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran guided discovery pa materi Cahaya. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan nonequivalent cont group design. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas berupa mo pembelajaran Guided Discovery serta variabel terikat berupa kemampuan berpi kritis. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs N 8 Slem Tahun Ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dengan teknik random sampli terpilih kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan VIII C sebagai kelas kontr Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berupa instrumen soal prete posttest dan non tes berupa wawancara. Teknik analisis data yang digunak statistik parametrik yaitu uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh mo pembelajaran Guided Discovery dalam meningkatkan kemampuan berpikir kri siswa pada materi cahaya ditunjukkan dengan hasil uji-t (nilai sig.(2-tailed)= 0,0 α dimana nilai α = 0,05; maka Ha diterima). 2) Terdapat peningkatan kemampu berpikir kritis siswa dengan nilai effect size sebesar 1,07 berada pada kriteria ting Dengan hasil analisis besarnya kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen mas pada kategori tinggi dan untuk kelas kontrol masuk kategori rendah. date: 2018-04-05 date_type: published pages: 284 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: ROSITA INDAH OKTAVIANI, NIP. 11690020 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII MTS N 8 SLEMAN PADA MATERI CAHAYA SKRIPSI UNTUK MEMENUHI PERSYARATAN MENCAPAI DERAJAT SARJANA S-1 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32265/1/11690020_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32265/2/11690020_BAB-II_sampai_IV.pdf