%A FUADI AZIZ NIM. 05410115 %O Pembimbing : Drs. Rofik, M.Ag %T PENGGUNAAN MULTIMEDIA BERBASIS KOMPUTER SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PAI SISWA KELAS IX D SMPN 2 TEMON KULON PROGO %X Penelitian ini dilatar belakangi oleh pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada dasarnya harus berlangsung secara aktif dan menyenangkan. Akan tetapi pembelajaran PAI di kelas IX D SMPN 2 temon Kulon Progo berlangsung secara monoton sehingga siswa kurang memperhatikan pembelajaran PAI yang terkesan membosankan yang berakibat pada rendahnya motivasi belajar PAI. Salah satu upaya untuk meningkatkan motivasi siswa adalah dengan melaksanakan pembelajaran yang aktif dan menarik, yaitu dengan menggunakan multimedia berbasis komputer. Pembahasan penelitian ini mengenai kegiatan pembelajaran sebelum menggunakan multimedia berbasis komputer, pelaksanaan tindakan, serta motivasi belajar PAI siswa setelah pelaksanaan tindakan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penggunaan multimedia berbasis komputer pada pembelajaran PAI di kelas IX D SMPN 2 Temon, Kulon Progo. Hasil penelitian tindakan ini diharapkan dapat menambah pemahaman mengenai pelaksanaan pembelajaran menggunakan multimedia berbasis komputer serta penyempurnaannya dalam pembelajaran PAI. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari empat tahap, yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kela IX D SMPN 2 Temon Kulon progo yang berjumlah 34 siswa muslim. Pelaksanaan tindakan dilakukan sebanyak dua siklus dengan dua pertemuan untuk masing-masing siklus yang dilakukan secara kolaboratif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dokumentasi, serta catatan lapangan. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif kualitatif, yakni dengan mmeberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan menarik kesimpulan dari makna tersebut. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik trianggulasi data. Hasil penelitian menunjukkan : (1) pelaksanaan tindakan berlangsung selama dua siklus dengan dua kali pertemuan untuk masing-masing siklus. Siklus I pembelajaran berlangsung dengan menggunakan multimedia berbasis komputer yang sederhana yakni menggunakan powerpint. Siklus I peningkatan motivasi sudah mulai tampak, akan tetapi masih banyak kekurangan yang diperbaiki pada siklus II. Pelaksanaan siklus II dengan menggunaka multimedia berbentuk flash sehingga pada siklus II motivasi siswa dapat terlihat meningkat. (2) peningkatan motivasi belajar siswa ditandai dengan meningkatnya keaktifan dan perhatian siswa terhadap penjelasan guru, siswa berani untuk mengemukakan pendapat, siswa mampu menyimak penjelasan guru melalui screen, kondisi kelas menjadi semakin tenang ketika pembelajaran berlangsung dan waktu yang digunakan selama pembelajaran berlangsung efektif. Hal ini jarang terjadi ketika pelaksanaan pembelajaran sebelum pelaksanan tindakan. %K Multimedia, Berbasis Komputer, Motivasi Belajar, Pendidikan Agama Islam %D 2009 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib3227