relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32281/ title: PENGARUH STRATEGI REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING) DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR creator: NUR INDAH SARI, NIM. 14670032 subject: Pendidikan Kimia description: Hasil evaluasi PISA 2015 menunjukan performa siswa-siswi di Indonesia dalam bidang sains masih tergolong rendah dibandingkan dengan negara-negara lain. Hal tersebut menyebabkan perlu adanya pengkajian terhadap proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) mengkaji pengaruh strategi pembelajaran REACT dan gaya kognitif terhadap keterampilan proses sains, (2) mengkaji pengaruh strategi pembelajaran REACT dan gaya kognitif terhadap hasil belajar, dan (3) mengkaji adanya interaksi antara strategi pembelajaran dengan gaya kognitif terhadap keterampilan proses sains maupun hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Kasihan Bantul pada kelas XI MIPA Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018 pada materi larutan penyangga. Sampling dilakukan dengan teknik simple random. Penelitian ini menggunakan rancangan analisis faktorial 2×2. Teknik pengumpulan data untuk mengkaji pengaruh strategi pembelajaran REACT dan gaya kognitif terhadap keterampilan proses sains berupa pre-test dan post- test, lembar observasi, dan self assessment, dengan analisis data menggunakan uji Two Way ANOVA. Sedangkan teknik pengumpulan data untuk mengkaji pengaruh strategi pembelajaran REACT dan gaya kognitif terhadap hasil belajar menggunakan tes hasil belajar kognitif berupa pre-test dan post-test, dengan analisis data menggunakan uji Two Way ANOVA. Dan untuk mengkaji interaksi strategi pembelajaran dengan gaya kognitif terhadap keterampilan proses sains maupun hasil belajar menggunakan analisis data uji Two Way ANOVA. Hasil penelitian menunjukan: (1) Strategi pembelajaran REACT dan gaya kognitif tidak berpengaruh signifikan terhadap keterampilan proses sains, (2) Strategi pembelajaran REACT dan gaya kognitif tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar, dan (3) Tidak ada interaksi antara strategi pembelajaran dengan gaya kognitif terhadap keterampilan proses sains maupun hasil belajar peserta didik. date: 2018-06-06 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32281/1/14670032_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32281/2/14670032_BAB-II_sampai_BAB-IV.pdf identifier: NUR INDAH SARI, NIM. 14670032 (2018) PENGARUH STRATEGI REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING) DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.