relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32287/ title: PEMANFAATAN KOLEKSI TERCETAK OLEH SISWA DI PERPUSTAKAAN AL-MA’ASHIR SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA creator: Rosdiana Ali, NIM. 15130004 subject: Ilmu Perpustakaan dan Informasi description: Pemanfaatan koleksi adalah sebuah cara untuk memanfaatkan bahan pustaka yang dimiliki oleh sebuah perpustakaan secara optimal. Koleksi dibagi menjadi dua jenis yakni koleksi tercetak dan non-cetak. Koleksi tercetak tersebut meliputi koleksi sirkulasi yang terdiri dari sepuluh kelas utama DDC (Decimal Dewey Classification) 000-900 dan koleksi referensi seperti, majalah, Koran, ensiklopedi, dan lain sebagainya. Tugas akhir ini membahas tentang pemanfaatan koleksi tercetak, bagaimana keseluruhan koleksi yang meliputi koleksi tercetak dan non-cetak di perpustakaan Al-Ma’ashir SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta, dibaca dan dipinjam oleh siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta dengan mengacu pada hasil wawancara dan statistik peminjaman pada tahun 2015-2018. Pemanfaatan koleksi berdasarkan statistik peminjaman pada tahun 2015-2017 menghasilkan rincian sebagai berikut: tahun 2015 sebanyak 38% dengan jumlah peminjaman 2157, tahun 2016 sebanyak 26% dengan jumlah peminjaman 1478, dan 2017 26% dengan jumlah peminjaman 1458. Selain pemanfaatan koleksi, penulis menyertakan beberapa faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta dalam memanfatkan koleksi yang dimiliki oleh Perpustakaan Al-Ma’ashir. Kata Kunci: Perpustakaan, Pemanfaatan Koleksi, Faktor Pemanfaatan date: 2018-05-28 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32287/1/15130004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32287/2/15130004_BAB%20II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Rosdiana Ali, NIM. 15130004 (2018) PEMANFAATAN KOLEKSI TERCETAK OLEH SISWA DI PERPUSTAKAAN AL-MA’ASHIR SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA. Laporan D3 thesis, UIN Sunan Kalijaga.