%0 Thesis %9 Laporan D3 %A Rosdiana Ali, NIM. 15130004 %B Fakultas Adab dan Ilmu Budaya %D 2018 %F digilib:32287 %I UIN Sunan Kalijaga %K Perpustakaan, Pemanfaatan Koleksi, Faktor Pemanfaatan %P 97 %T PEMANFAATAN KOLEKSI TERCETAK OLEH SISWA DI PERPUSTAKAAN AL-MA’ASHIR SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32287/ %X Pemanfaatan koleksi adalah sebuah cara untuk memanfaatkan bahan pustaka yang dimiliki oleh sebuah perpustakaan secara optimal. Koleksi dibagi menjadi dua jenis yakni koleksi tercetak dan non-cetak. Koleksi tercetak tersebut meliputi koleksi sirkulasi yang terdiri dari sepuluh kelas utama DDC (Decimal Dewey Classification) 000-900 dan koleksi referensi seperti, majalah, Koran, ensiklopedi, dan lain sebagainya. Tugas akhir ini membahas tentang pemanfaatan koleksi tercetak, bagaimana keseluruhan koleksi yang meliputi koleksi tercetak dan non-cetak di perpustakaan Al-Ma’ashir SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta, dibaca dan dipinjam oleh siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta dengan mengacu pada hasil wawancara dan statistik peminjaman pada tahun 2015-2018. Pemanfaatan koleksi berdasarkan statistik peminjaman pada tahun 2015-2017 menghasilkan rincian sebagai berikut: tahun 2015 sebanyak 38% dengan jumlah peminjaman 2157, tahun 2016 sebanyak 26% dengan jumlah peminjaman 1478, dan 2017 26% dengan jumlah peminjaman 1458. Selain pemanfaatan koleksi, penulis menyertakan beberapa faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta dalam memanfatkan koleksi yang dimiliki oleh Perpustakaan Al-Ma’ashir. Kata Kunci: Perpustakaan, Pemanfaatan Koleksi, Faktor Pemanfaatan %Z Sri Rohyanti Zulaikha