@phdthesis{digilib32291, month = {April}, title = {IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DI PERPUSTAKAAN ?HAMKA? SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR YOGYAKARTA}, school = {UIN Sunan Kalijaga}, author = {NIM. 15130009 Dena Silviawati}, year = {2018}, note = {Dr. Nurdin Laugu, S.Ag., SS., MA.}, keywords = {Gerakan Literasi Sekolah, Perpustakaan, literasi informasi}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32291/}, abstract = {Gerakan Literasi Sekolah (GLS) adalah sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh dan berkelanjutan untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik. Program Gerakan Literasi Sekolah dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan tercantum dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015 tentang penumbuhan budi pekerti yang mana salah satu kegiatan dalam gerakan tersebut adalah meluangkan waktu selama 15 menit membaca buku nonpelajaran. Tahap pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah terdiri dari pembiasaan, pengembangan dan pembelajaran. Program kegiatan literasi informasi adalah produk dari Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Perpustakaan ?HAMKA? SD Muhammadiyah Condongcatur Yogyakarta, yang terdiri dari Pendidikan Pemakai Perpustakaan (orientasi perpustakaan dan bimbingan pemakai), Show and Tell, Reading Day, Pembelajaran Berbasis Perpustakaan dan Internet Sehat. Sebagai upaya untuk mendukung kegiatan literasi perpustakaan memberikan penghargaan diantaranya adalah Pemustaka Teraktif dan Sahabat Buku. Perpustakaan juga menyediakan sarana dan prasarana diantaranya pojok baca, gazebo literasi dan rumah literasi budaya agraris. Kata Kunci: Gerakan Literasi Sekolah, Perpustakaan, literasi informasi} }