%0 Thesis %9 Laporan D3 %A Suci Rhomana Sari, NIM. 15130017 %B Fakultas Adab dan Ilmu Budaya %D 2018 %F digilib:32303 %I UIN Sunan Kalijaga %K learning commons, generasi digital, teknologi perpustakaan %P 116 %T PENERAPAN LEARNING COMMONS DI PERPUSTAKAAN AL-MA’ASHIR SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32303/ %X Kemudahan informasi yang dapat diakses di mana pun dan kapan pun tanpa batas ruang dan waktu, perubahan paradigma tentang perpustakaan dan user atau pemustaka di Perpustakaan Al-Ma’ashir SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta di dominasi oleh generasi digital serta pemnafaatan teknologi secraa maksimal di perpustakaan dalam menunjang berbgaai kegiatan yang ada di peprustakaan merupakan fenomena-fenomena yang mendorong munculnya konsep baru di perpustakaan yaitu learning commons. Learning commons dapat didefinisikan sebagai pemanfaatan ruang-ruang perpustakaan yang menyediakan berbagai fasilitas yang berbasis teknologi kemajuan terkini, layanan dan menjadikan ruang-ruang tersebut sebagai media belajar, berdiskusi, menemukan ide-ide terbaru yang mana dapat diakses secara bebas dan mandiri guna mendukung proses pembelajaran (Deasy Kumalawati dan Hermin Indah Wahyuni: 84). Konsep learning commons menjadikan perpustakaan untuk terus berkembang mengikuti zaman dengan meyediakan layanan dan sarana prasarana yang membuat pemustaka nyaman, mudah dan cepat dalam mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. Kata Kunci: learning commons, generasi digital, teknologi perpustakaan %Z Dr. Hj. Sri Rohyanti Zulaikha, M.Si